Ketua DPD RI Launching TdS 2015


Senin, 21 September 2015 - 19:04:26 WIB

Ada beberapa pesan penting yang disampaikan Irman dalam sambutannya, antara lain, per­tama, TdS harus memberi nilai tambah bagi kemajuan pariwisata Sumatera Barat, terutama terja­dinya peningkatan ekonomi mas­yarakat. Kedua, TdS yang bernilai promosi harus dibarengi dengan peningkatakan kualitas destinasi dan pelayanan masyarakat. Keti­ga, sebagai ajang olahraga, TdS harus mampu menggenjot pres­tasi pebalap Sumatera Barat dan Indonesia.

"Saya berharap ada multi­player effect dari iven akbar balap sepeda ini, yaitu terjadinya me­ning­katan ekonomi, mening­katkan daya saing daerah, mem­perkenalkan destinasi daerah yang memiliki alam yang indah, budaya yang unik dan kuliner yang enak," kata Irman.

Ia menyebutkan, potensi pari­wisata Ranah Minang bisa men­jadi salah satu daya saing daerah ini dalam era Masyarakat Eko­nomi Asean yang tinggal empat bulan lagi. "Saya minta, siapa pun yang akan menjadi Gubernur Sumbar mendatang, harus serius menggarap pariwisata ini sebagai produk unggulan," kata Irman.

Pariwisata Sumbar itu tidak sama dengan Bali. Segmennya pun harus dibedakan. Ranah Minang lebih ke natural dan religiusnya. Karena TdS ini akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Irman mengharapkan semua pemangku kepentingan bisa duduk bersama dengan Presiden untuk mem­bicarakan tentang penataan ke depan.

Raseno Arya yang mengantar acara ini mewakili Menteri Pari­wisata, menyebutkan Tour de Singkarak sudah merupakan ta­hun ketujuh. Namun sudah me­miliki dampak bagi pertumbuhan pariwisata Ranah Minang. "Ke­menterian adalah sebagai pen­dorong, sehingga TdS bisa lebih memperkenalkan ranah ke dunia luar dalam segala aspeknya," katanya.

Penggagas Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar menyebuktan bahwa pelaksanaan TdS sudah mulai dirasakan keberadaannya dalam mempromosikan Ranah Minang ini. Paling tidak, iven akbar ini juga diekspetasikan dapat memacu pembangunan infrastruktur daerah dan mem­buka akses wilayah untuk pasar dan investasi.

Bahwa TdS punya dampak, mari dilihat saja berapa jumlah hotel yang ada di Sumbar ketika TdS mulai digelar tahun 2009 dan berapa ketika TdS sudah enam kali diadakan. "Jadi, ada nilai yang tidak bisa dihitung sebagai dampak dari pelaksanaan iven ini," kata Sapta. Sudirman Gani sendiri ikut memberikan sambutan mewakili Penjabat Gubernur Sumbar.

Tour de Singkarak itu sendiri akan berlangsung 3-11 Oktober 2015 yang dimulai dari Kota Painan. Setelah menjelajahi jarak 1.341,5 km di 18 kota dan kabu­paten di Sumbar, TdS akan berakhir di Kota Padang. Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp1,4 miliar. (rel/met)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]