Bamus SDM Lantik Satker Pembersih Danau


Selasa, 22 September 2015 - 19:32:49 WIB

Satker tersebut memiliki 13 orang personil, sembilan orang diantaranya berasal dari perwakilan nagari-nagari Salingka Danau Maninjau, empat orang merupakan tenaga  ahli dan terlatih sebagai operator dan instruktur.

Dalam menjalankan tugas Satker didukung dua buah  boat  bantuan Yayasan Bina Insani Cendekia dan PT PLN. Kegiatan yang akan dilakukan Satker, mengumpulkan enceng gondok dan bambu-bambu bekas keramba dan membawanya ke pingir danau untuk dibakar.

Selain itu, mengumpulkan bangkai ikan untuk dimanfaatkan sebagai pakan, apabila tidak bisa dimanfaatkan  akan dibakar. Bupati Agam pada acara tersebut mengatakan,mengembalikan keindahan dan kelestarian Danau Maninjau sehingga memberikan manfaat yang lebih besar adalah impian banyak orang, oleh karena itu kehadiran Satker ini harus diapresiasi dan didukung oleh masyarakat.

Sementara itu, Bachtiar Chamsyah mengatakan, mengembalikan kelestarian dan keindahan Danau Maninjau memang tidak semudah yang dibayangkan, memer­lukan proses bertahap karena banyak kepentingan yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dari sisi ekonomi, perikanan, pariwisata, dan sosial ma­syarakat lainnya.

“Oleh karena itu saya berharap agar wali nagari salingka danau mendorong ma­syarakat untuk ikut melestarikan Da­nau Maninjau dalam berbagai bentuk dan mendukung tugas-tugas Satker dan pihak lain yang berkontribusi terhadap keles­tarian danau,” kata Bachtiar Cham­syah.

Kondisi danau bekas kakdera gunung api itu saat ini mengalami pencemaran cukup berat dengan kondisi air yang kotor dan berbau, disebabkan terutama oleh pertumubuhan keramba ikan yang sulit terbendung, jumlah keramba di danau itu mencapai 14 ribu unit lebih. Selain itu juga disebabkan racun belerang yang sering naik ke permukaan, pembuangan sampah dan kerusakan lingkungan se­kitarnya. (h/ks)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 18:26:10 WIB

    KAN,BAMUS, Wali Nagari Matua Mudiak Sepakati Kecamatan Matua Masuk DOB Agam

    KAN,BAMUS, Wali Nagari Matua Mudiak Sepakati Kecamatan Matua Masuk DOB Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-Kerapan Adat Nagari, Wali Nagari, Badan Musyawarah Nagari  Kecamatan Matua, Agam, sepakat mendukung  penuh pembentukan dan masuk dalam wilayah  Daerah Otonomi  Baru (DOB)  Agam Timur yang berpusat d.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:20:46 WIB

    Bamus Diminta Sejalan Dengan Wali Nagari

    Bamus Diminta Sejalan Dengan Wali Nagari LIMAPULUH KOTA, HA­­LUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima­puluh Kota terus mendorong peran dan fungsi lembaga musyawarah di tingkat naga­ri. Badan Musyawarah (Ba­mus) Nagari diminta terus bekerjasama dengan wali na.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 14:40:12 WIB

    Bupati Dharmasraya Lantik Bamus Se Sungai Rumbai

    DHARMASRAYA, HA­LU­AN — Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan me­lantik Badan Musyawarah (Ba­mus) Nagari se Kecamatan Sungai Rumbai priode 2016-2022, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Sungai Ru­m­bai, Sel.
  • Rabu, 02 Maret 2016 - 03:27:39 WIB

    Bamus DPRD Pasbar Siapkan Agenda Sebulan

    PASBAR, HALUAN — Seiring telah masuknya bulan Maret 2016, dan berada dalam akhir triwulan pertama 2016. Maka jajaran Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pa­saman Barat, menyusun ren­cana kegiat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]