Kejari Siap Lakukan Pendampingan Hukum


Selasa, 22 September 2015 - 19:36:14 WIB

Bagi yang melakukan pelanggaran ujar Lubis, ka­lau masih bersifat adminis­trasi maka masih bisa dila­ku­kan pembinaan. Namun, kalau memang SKPD terkait itu memiliki niat salah, ma­ka nukan tidak mungkin akan masuk ranah hukum.

Lubis menjelaskan, ka­lau ada laporan yang masuk dari organisasi kemasya­rakatan mengenai dugaan penyimpangan pelaksanaan suatu proyek ke Kejari Lu­buk Sikaping, maka pihak Kejari akan menindaklanjuti dengan melakukan kla­rifikasi.

“Jangan cemas dengan adanya laporan-laporan LSM tersebut, karena LSM melaksanakan fungsi Un­dang-undang juga. Mereka mengawasi dan mereka ber­hak mendapatkan infor­ma­si. Laporan yang mereka buat tersebut, tidaklah serta merta bisa menjerat SKPD ke ranah pidana. Makanya ha­rus pakai niat baik,” pa­parnya.

Sementara dari rapat evaluasi percepatan serapan APBD tahun 2015 yang digelar Pemkab Pasaman, Selasa (22/9), Plh. Bupati Pasaman, A Syafei Siregar memerintahkan kepada se­lu­ruh jajarannya untuk me­nyerap anggaran secepatnya. Hal ini agar perekonomian dan pembangunan di daerah itu terus bergerak maju.

“Jadi, diharapkan agar jangan sampai para peja­bat daerah ini tidak berani mengucurkan dana bantuan dan menjalankan program kegiatan. Tapi, hati-hati juga jangan berbuat salah dan menyalahi aturan,” tukas Syafei.

Ia meminta kepada selu­ruh pejabat agar mendorong penyerapan anggaran untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi semester II tahun 2015 di daerah itu. Selama ini kata Syafei, pemda ter­lam­bat dalam menggunakan anggaran untuk pemba­ngu­nan, lantaran takut beruru­san dengan penegak hukum.

Oleh karena itu, Pre­siden Jokowi, baru-baru ini sudah menginstruksikan jajaran penegak hukum men­­dukung program peme­rin­tah. “Ma­kanya hari ini kita dudukkan semua.  (h/col)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Juli 2020 - 22:29:12 WIB

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial

    Hari Adhiyaksa Kejari Payakumbuh ke-60 Diisi Kegiatan Sosial HARIANHALUAN.COM - 22 Juli mendatang merupakan hari istimewa bagi Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh. Kenapa tidak, pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya Kejaksaan di Republik Indonesia, 60 tahun silam. Karena itu, .
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 21:58:52 WIB

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi

    Kejari Solsel Diusulkan Menjadi WBK, Gedung Lama di Muara Labuh Bakal Alih Fungsi HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) termasuk satu dari tujuh Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) menjadi satuan kerja (Satker) menuju Wilayah Bebas .
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:27:32 WIB

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam

    Kejari Turut Dampingi dalam Kelola BTT di Agam HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri dalam pengelolaan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Pemkab Agam Martias Wanto mengatakan, pihaknya.
  • Selasa, 14 April 2020 - 18:51:37 WIB

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa?

    Kejari Bukittinggi 'Warning' Pemko Bukittinggi, Ada Apa? BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi secepatnya meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri Bukittinggi terkait pergeseran (refusing) anggaran APBD yang akan digunakan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak C.
  • Kamis, 09 April 2020 - 18:05:19 WIB

    Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19

    Kejari Payakumbuh Siap Tindak Tegas Penyalahgunaan Bantuan dan Anggaran Covid-19 PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dua pemerintahan di Luak Limopuluah, yaitu Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota, serius dalam antisipasi penyebaran virus Corona. Buktinya saja, hampir Rp 50 miliar anggaran yang berasal d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]