Penggantian Khairunas Terganjal Surat Rekomendasi


Selasa, 22 September 2015 - 19:38:17 WIB

“Hal tersebut ber­da­sar­kan surat yang disampaikan DPD PAN perihal usulan peng­gantian pimpinan DPRD Solsel,” kata Sekre­taris DPRD Solsel, Hamudis di ruang kerjanya.

Hamudis mengatakan, seharusnya berdasarkan atu­ran pengusulan Pimpinan DPRD bisa melalui kepu­tusan dari DPD. Namun karena aturan di internal partai, DPRD harus me­nunggu arahan dari DPP.

“Telah jadi kebiasaan setiap partai dalam mengu­sulkan pimpinan butuh pe­tunjuk dari DPP,” jelas Ha­mudis.

Selain Edi Susanto,  ada satu pimpinan DPRD lagi yang diganti yaitu Khairunas dari Golkar. Ketua Fraksi Golkar Sidik Ilyas me­nga­takan, jika pengusulan pe­ngantian pimpinan DPRD dari Golkar masih ter­ken­dala surat rekomendasi.

“Dengan dua ke­pe­ngu­rusan Golkar, semua surat harus ditandatangani oleh kedua kubu. Termasuk un­tuk penggantian anggota DPRD. Hal ini menjadi kendala bagi Golkar dalam mengusulkan pimpinan DP­RD,” jelas Sidik.

Kedua pimpinan DPRD Solsel harus diganti karena keduanya saat ini maju pada pilkada 2015 sebagai calon bupati dan wakil bupati. Berdasarkan keputusan Mah­kamah Konstitusi (MK) se­tiap anggota DPRD  yang maju pilkada harus mundur dari jabatannya.

Sementara, Ketua KPU Solok Selatan Isyuliardi Maas mengatakan, selam­bat-lambatnya anggota DP­RD yang maju pilkada sudah harus memberikan surat berhenti 60 hari setelah ditetapkan jadi calon.

“Selambat-lambatnya kedua anggota dewan ini harus menyerahkan surat berhenti pada 23 Oktober,” katanya.

Pergantian Antar Waktu

Golkar dan PAN Solsel telah mengajukan nama peng­­ganti antar waktu untuk Khairunas dan Edi Susanto kepada KPU Solsel dan saat ini masih menunggu hasil verifikasi oleh KPU.

“Proses verifikasi ke­leng­kapan dokumen masih di KPU,” ujar Sekwan DPRD, Hamudis.

Untuk PAW dari Gol­kar, berdasarkan surat yang ma­suk ke pimpinan DPRD pa­da (17/9) bahwa yang dila­kukan pergantian adalah Khairunas. Pengusulan peng­gantinya adalah Aprisal Dani.

“Sementara, PAW dari PAN berdasarkan surat ma­suk pada (2/9) bahwa Edi Su­santo dengan usulan peng­ganti Yendri Susanto,”lanjut Hamudis.

Ditambahkan Hamudis, setelah selesai proses veri­fikasi dari KPU Solsel baru nantinya pimpinan DPRD Solsel menyurati Gubernur Sumatera Barat melalui Bupati Solsel untuk dila­kukan pergantian.

Komisioner Teknis KPU Solsel, Nila Puspita me­nga­takan surat dari pimpinan DPRD telah diterima pi­haknya untuk dilakukan veri­fikasi kelengkapan ber­kas dokumen calon peng­ganti anggota DPRD ter­sebut. Dilanjutkan Nila, jika proses verifikasi telah selesai pihaknya akan me­nyurati pimpinan DPRD.

“Untuk kelengkapan ber­kas dokumen Aprisal Dani dan Yendri Susanto te­lah memenuhi syarat. Na­mun, KPU akan melakukan tin­jauan lapangan seperti ijazah mereka,” jelas Nila. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 21:21:00 WIB

    Tak Temukan Kesepakan, Penggantian Alat Tangkap Nelayan di Pessel  Batal

    Tak Temukan Kesepakan, Penggantian Alat Tangkap Nelayan di Pessel  Batal PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Rencana penggantian alat tangkap jenis lampara dasar milik 113 nelayan di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, batal terlaksana karena tidak ditemukan kesepakatan antara pemerinta.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 10:43:44 WIB

    Penggantian Trase Tol Padang Pariaman-Pekanbaru Masih Tunggu Jawaban Pusat

    Penggantian Trase Tol Padang Pariaman-Pekanbaru Masih Tunggu Jawaban Pusat PADANG, HARIANHALUAN.COM — Rekomendasi tim kajian keberatan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menyetujui untuk mengganti trase jalan tol Padang Pariaman-Pekanbaru yang melewati Lubuk Alung dan Sicincin. S.
  • Rabu, 26 Desember 2018 - 17:46:58 WIB

    Penggantian Nama BIM Kembali Diapungkan

    Penggantian Nama BIM Kembali Diapungkan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni berencana mengganti nama Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menjadi Bandar Udara Internasional Syehk Burhanuddin. Langkah itu katanya, untuk menjun.
  • Sabtu, 17 Februari 2018 - 02:53:08 WIB

    Sejumlah Pihak Tolak Wacana Penggantian Nama Gunung Kerinci

    Sejumlah Pihak Tolak Wacana Penggantian Nama Gunung Kerinci SOLOK SELATAN, HALUAN - Terkait berhembusnya wacana penggantian nama Puncak Gunung Kerinci (PGK) menjadi puncak Joko Widodo (Jokowi) menuai beragam komentar penolakan dari para netizen. Terutama, disalah satu grup media sosia.
  • Sabtu, 27 Februari 2016 - 11:38:28 WIB

    Penggantian Pejabat Bisa Terjadi di Limapuluh Kota

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Peng­gantian pejabat di jajaran Pemkab Lima­puluh Kota mungkin saja terjadi, kendati ada aturan yang menyebutkan untuk tidak melakukan mutasi dan rotasi sebelum enam bulan setelah bupati dan wakil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]