PKL ‘Kuasai’ Trotoar Jalan Permindo


Selasa, 22 September 2015 - 19:45:01 WIB

Pantauan Haluan, Selasa (22/9) sekitar pukul 12.00 WIB terlihat PKL yang ber­jualan berbagai macam per­lengkapan seperti sepatu, sendal, tas, aksesoris, jilbab, baju dan lain sebagainya dengan percaya diri meng­gunakan sepanjang trotoar tersebut untuk berjualan.

Para pejalan kaki pun harus rela turun ke badan jalan untuk berjalan kaki karena terhalang PKL. Ada juga sebagian pejalan kaki yang terpaksa menerobos tempat berdagang PKL jika jalanan padat kendaraan.

Akibatnya, nyawa si pe­jalan kaki harus terancam oleh PKL bandel tersebut. Di sisi lainnya, keindahan trotoar yang baru saja dibuat pemerintah tidak bisa dinik­mati dan difungsikan dengan semestinya.

Salah seorang pejalan kaki, Wen (30) bersama seorang temannya terpaksa harus turun ke badan jalan saat berjalan di khawasan Permindo tersebut. Karena, trotoar yang ada sudah pe­nuh oleh para PKL, mes­kipun masih bisa dipak­sakan berjalan di trotoar tersebut harus masuk ke dalam lapak PKL.

“Saya terpaksa berjalan di badan jalan karena trotoar sudah penuh orang yang berjualan. Terkadang harus rela berdesakan juga oleh pengendara jalan yang akan lewat,” ungkap Wen pada Haluan.

Dikatakannya juga, ia berharap agar PKL tidak berjualan di atas trotoar jika memang ingin berjualan. Mungkin bisa sedikit maju ke arah teras toko di de­pannya atau lapaknya di perkecil sehingga pejalan kaki tidak terganggu.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang Tata Ba­ngunan (TRTB) Padang Afrizal BR menyampaikan bahwa tindakan tersebut sangat menyalahi aturan. Menurutnya, di Kota Pa­dang memang banyak trotoar yang sudah salah fungsi.

“Trotoar tersebut fungsinya bagi pejalan kaki. Buktinya, di beberapa tem­pat fungsi tersebut disalah­kan dan mengakibatkan pe­ja­lan kaki tidak nyaman dan terancam karena harus turun ke jalan,” ujarnya.

Disampaikannya, hal ini harus menjadi perhatian pihak terkait agar trotoar bisa difungsikan lagi seba­gaimana mestinya. “Jadi jika terus begini, artinya trotoar untuk PKL,” paparnya. (h/mg-win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]