Jero Didakwa Terima Gratifikasi Rp349 Juta


Selasa, 22 September 2015 - 19:54:25 WIB

Pembayaran pesta ultah Jero dilakukan oleh Herman Afif Kusumo yang saat itu menjabat selaku Komisaris Utama pada grup perusahaan PT Trinergy Mandiri International dan juga sebagai Wakil Ketum Bidang Energi dan Pertambangan di Kadin.

Dalam surat dakwaan dipaparkan, Jero mengadakan acara makan malam di Hotel Dharmawangsa Kebayoran Baru, Jaksel pada 24 April 2012. Untuk pelaksanaan dinner tersebut, Kabag Rumah Tangga pada Biro Umum Kementerian ESDM Agung Pribadi telah melakukan pembayaran tunai Rp 30 juta sebagai deposit.

“Setelah acara selesai, pada tanggal 26 April 2012, Hotel Dharmawangsa mengirimkan tagihan (invoice) nomor 71577 kepada Arif Indarto atas pelaksanaan pesta ulang tahun terdakwa Rp 379.065.174,” sebut Jaksa.

Tagihan ini dilaporkan Arief Indarto ke Waryono Karno, selaku Sekjen ESDM. Atas tagihan tersebut, Waryono menurut Jaksa memerintahkan Arief Indarto menemui Herman Afif Kusumo Komisaris Utama pada grup perusahaan PT Trinergy Mandiri International yang punya hubungan dengan Kementerian ESDM.

Arief Indarto kemudian menemui Herman Afif Kusumo di Menara Global Jl Gatot Subroto untuk menyerahkan bukti tagihan (invoice). Kemudian pada 12 Juni 2012, Herman Afif memerintahkan stafnya bernama Ali Rahman melakukan pembayaran terhadap invoice tersebut dengan cara melakukan penyetoran dana ke rekening BNI Patra Jasa atas nama Puri Dharmawangsa Raya Hotel Rp 349.065.174 sebagai pembayaran biaya ultah Jero. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 September 2015 - 19:38:57 WIB

    JPU: Dakwaan Jero Wacik Sudah Sah

    JAKARTA, HALUAN — Jaksa Pe­nuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yadyn, menegaskan surat dak­waan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik telah sah.

    Untuk itu .

  • Selasa, 05 Mei 2015 - 18:48:10 WIB

    Ditahan KPK, Jero Minta Bantu 2 Presiden

    JAKARTA, HALUAN — Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik resmi ditahan .

  • Selasa, 14 April 2015 - 18:51:26 WIB

    Tak Kooperatif, Jero Wacik Akan Dipaksa

    JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai tidak layak alasan mangkirnya mantan Menteri ESDM Jero Wacik untuk menjalani pemeriksaan penyidik, praperadilan. Alasan ini juga dinilai sebag.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]