BI: Waspadai Uang Palsu


Selasa, 22 September 2015 - 20:07:03 WIB

“Penanganan yang pertama kita lakukan adalah menelaah keaslian uang tersebut. Jika sudah terbukti tentu saja hal tersebut sudah melanggar hukum dan merupakan tindak pidana. Barulah kita menyerah­kannya ke ranah hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut Puji menjelaskan bahwa jika ada masyarakat menemukan uang palsu supaya segera melaporkannya ke bank-bank setempat atau ke aparat kepolisian.  “Bagi yang kedapatan, maka akan ditin­daklanjuti oleh penegak hukum. Pengedar uang palsu ini melanggar pasal 245 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara,” kata Puji Atmoko.

Seperti diberitakan Haluan kemarin, uang palsu (upal) diduga banyak beredar di Sumatera Barat seperti di Dhar­masraya dan Padang Panjang. Jajaran Satreskrim Polsek Koto Baru, Senin (21/9) berhasil mem­bekuk seorang pengedar upal.

Dari tangan tersangka ber­nama Haryanto (54), Warga Jo­rong Koto Indah, Nagari Kurnia Koto Salak, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmas­raya, polisi menyita 13 lembar upal pecahan Rp100 ribu dan 2 lembar upal pecahan Rp50 ribu.

Dari pengakuan tersangka, dia mendapatkan uang palsu tersebut dari salah seorang bandar upal atau temannya di Jawa. Tersangka membeli upal tersebut seharga Rp800 ribu, dengan menda­pat­kan upal senilai Rp2 juta.

Sementara itu, menjelang Hari Raya Idul Adha 1436H, seiring kenaikan harga bahan pokok di pasaran, uang palsu pun mulai beredar di kalangan masya­rakat Tanah Datar dan Padang Panjang. Deki (32) salah seorang pe­dagang warung kopi (warkop) asal Nagari Jaho Kecamatan X Koto, Tanah Datar menemukan pecahan ratusan ribu uang palsu, Senin (21/9).

Kapolsek Kota Padang Pan­jang, Iptu Mairijhon mengaku telah mendapat laporan peradaan uang palsu tersebut di beberapa daerah di wilah hukum Polres Padang Panjang. (h/mg-win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]