Harga Sawit Mulai Membaik


Selasa, 22 September 2015 - 20:08:20 WIB

“Harga ini berlaku pada tingkat petani plasma. Jadi, dengan harga ini kita ber­harap petani kembali bergairah,” terangnya. Sebelumnya kata Ir­man, harga CPO sempat anjlok. Penurunan harga CPO ini akibat pe­nga­ruh suplai di pasar yang terlalu banyak sementara pro­duksi juga meningkat akibatnya permintaan turun.

“Penguatan nilai dollar yang diharapkan akan membawa dam­pak bagus untuk iklim ekspor malah berakibat sebaliknya, har­ga malah jatuh,” imbuhnya.

Dari pertemuan Apkasindo se Indonesia kata Irman, memang dibahas bagaimana cara untuk menyelematkan petani swadaya di tengah terus merosotnya harga CPO dan TBS.

“Kita berharap agar peme­rintah bisa melakukan penyeta­raan harga antara petani swadaya dan plasma. Karena apa yang mereka hasilkan sama-sama sa­wit juga kenapa harga tidak dira­takan juga,” harapnya.

Kepala Dinas Perkebunan Sumbar, Fajaruddin menuturkan, tren penurunan harga CPO ini memang telah terlihat semenjak beberapa tahun belakangan. Eks­por CPO Sumbar yang sebelum­nya di kisaran 700 – 800 ribu ton per tahun saat ini hanya diangka 500 ribu ton per tahun.

Dikatakan Fajaruddin, dam­paknya memang tidak untuk di Sumbar saja akan tetapi 22 dae­rah di Indonesia yang menjadi penghasil CPO. Pengaruh pasar dunia terhadap CPO membawa efek domino bagi petani di Sum­bar. Pemintaan CPO yang turun juga berimbas kepada harga jual di tingkat lokal. Di tingkat lokal harga CPO yang sebelumnya di level Rp800 per kilogram turun ke posisi Rp500 per kilogram. Sementara untuk harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit juga anjlok dari Rp900 per kilo­gram menjadi Rp400 per kilo­gram.

”Kita dari pemerintah terus berusaha untuk menjaga kesta­bilan harga sawit ini mulai dari tingkat petani. Seperti kita me­nyarankan agar petani bisa me­ning­katkan kualitas sawitnya sehingga bisa bersaing di pasar lokal,” ujarnya kepada Haluan di Padang kemarin.

Selain telah melakukan pela­tihan dan penyuluhan di tingkat petani, Dinas Perkebunan menya­rankan agar petani yang masih belum bergabung dengan kelom­pok petani agar segera bergabung.

“Ketika mereka telah ber­gabung dengan kelompok tani nantinya harga sawit yang dijual bisa lebih mahal dibanding harus dijual per orangan,” terangnya.

Tanda-tanda kenaikan harga sawit ini sudah terlihat sejak sepekan lalu. Di Jambi, harga TBS Sawit mengalami kenaikan setelah sebelumnya sempat terpuruk.

Hasil rapat penetapan harga TBS Kelapa Sawit di Dinas Per­kebunan Provinsi Jambi, Kamis (10/9) pagi, menetapkan, harga TBS untuk usia tanam tiga tahun mengalami kenaikan sebesar Rp 63 per kilonya yakni dari Rp 873 menjadi Rp 936 per kilogramnya.

“Itu hasil, rapat penetapan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode 17 sampai dengan 24 September 2015, ada kenaikan harga meski tidak be­sar,” kata Kepala Dinas Perke­bunan Provinsi Jambi, Budidaya. Selain TBS, harga CPO dan inti sawit juga mengalami kenai­kan.(h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 02:03:17 WIB

    Siap Edar di Bulan Desember, Vaksin Covid-19 Buatan China Ini Harganya Rp2 juta

    Siap Edar di Bulan Desember, Vaksin Covid-19 Buatan China Ini Harganya Rp2 juta HARIANHALUAN.COM - Perusahaan farmasi China kemungkinan akan mulai memasarkan vaksin covid-19 pada akhir Desember nanti. Tak tanggung-tanggung, harganya dibandrol Rp 2 juta untuk dua kali dosis suntikan..
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:05:13 WIB

    Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya?

    Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya? HARIANHALUAN.COM - Saat ini dunia sedang berpacu menciptakan vaksin virus Corona atau Covid-19 untuk menekan jumlah pasien virus mematikan tersebut. Untuk harga vaksin Corona Sinopharm ditaksir 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,16.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:57:23 WIB

    Wadaw, Nomor Telepon Ini Dijual Seharga Rp4,8 Miliar!

    Wadaw, Nomor Telepon Ini Dijual Seharga Rp4,8 Miliar! HARIANHALUAN.COM - Nomor ponsel yang diakhiri dengan lima angka '8' di China terjual seharga 2,25 juta yuan atau US$ 324.000 setara 4,8 miliar (kurs Rp 14.700/US$) pada lelang online yang diselenggarakan Pengadilan Rakyat Dis.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:14:14 WIB

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya?

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya? HARIANHALUAN.COM - Perusahaan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) optimistis vaksin Covid-19 akan siap digunakan publik pada akhir 2020. Lantas berapa harganya?.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 23:01:54 WIB

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik HARIANHALUAN.COM – Para pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum mengalami kerugian yang cukup banyak, akibat dampak dari wabah virus COVID-19. Hal ini terjadi di seluruh dunia, termasuk negara-negara di Asia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]