Pemprov Sumbar Siap Lindungi UMKM dari Krisis


Kamis, 24 September 2015 - 19:43:29 WIB

Menurut dia, dengan ca­ra itu diyakini mampu me­nahan laju kemerosotan UMKM di Sumbar dari ta­rikan krisis ekonomi global.

“Dampak kelesuan eko­nomi itu memang mulai dirasakan pelaku usahanya. Kami akui itu. Pihaknya telah menyosialisasikan ke­bijakan ini pada seluruh instansi pemerintah daerah, terutama di lingkungan pro­vinsi,” katanya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Padang dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KER) triwulan II 2015 me­ny­a­takan perlambatan ekonomi mulai memengaruhi keta­hanan UMKM di Sumbar.

Pengaruh tersebut ter­konfirmasi pada pertum­buhan kredit UMKM pada triwulan II 2015 yang hanya 5,4 persen, lebih rendah dari triwulan sebelumnya 13,3 persen. Bahkan kredit macet UMKM mencapai 6,2 per­sen, lebih tinggi dari standar BI, 5,0 persen.

Sedangkan untuk jangka panjang, jelas Zirma, pi­haknya mempercepat pe­ningkatan kualitas produk UMKM di Sumbar, sehingga mampu bersaing di kancah nasional maupun global.

Kemudian, melakukan penetrasi pasar yang lebih luas bagi produk dari 501 ribu UMKM di daerah ini. “Salahsatunya dengan me­lakukan belbagai kegiatan promosi dan pameran di dalam maupun di luar da­erah,” jelasnya.

Selanjutnya tak kalah penting, yaitu upaya per­kuatan modal bagi UMKM yang dianggap layak men­da­patkannya. Apalagi, lan­jutnya saat ini pemerintah telah menginstruksikan pe­nurunan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Di lain sisi, pemerintah daerah juga telah me­nyi­apkan Lembaga Penjamin Kredit Daerah(Jamkrida) sebagai penjamin kredit yang diakses pelaku UM­KM. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Januari 2015 - 19:25:06 WIB

    Pemprov Cari Solusi Terbaik

    INFLASI SUMBAR DI ANGKA DUA DIGIT

    PADANG, HALUAN — Tingkat inflasi Sumatera Barat pada 2014 lalu  memasuki angka 2 digit. Dimana dari 33 Provinsi di Indonesia Sumbar mencatat peringkat pertama. .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]