Idul Adha Khidmat, Nilai Keikhlasan Perlu Diteladani


Kamis, 24 September 2015 - 19:47:16 WIB

Nilai-nilai keikhlasan dalam beribadah itu, diingatkan Dosen Teknik Industri Unand ini, untuk diteladani. Menurutnya, merayakan Idul Adha, bukan  semata me­nyeleng­garakan shalat Id’ di lapa­ngan terbuka, atau hanya dipahami sebatas ibadah ritual keagamaan. Namun, peristiwa ini harus mem­bangkitkan semangat pengorbanan, peningkatan keimanan dan ketaq­waan, rasa sosial dan rasa empati kepada sesama insan.

Menurut dia, banyak orang ber­ke­cukupan uang bolak balik menu­naikan ibadah haji ke Mekkah. Tapi, belum membawa perubahan bagi kehidupannya. Sebaliknya, banyak orang yang serba kekurangan, kare­na keikhlasnya menunaikan haji, ibadahnya diterima Allah dan pu­lang dengan sebutan haji yang mabrur.

Karena itu lanjutnya, sebelum terlambat, khatib putera asli Kelu­rahan Payolinyam Koto nan Ga­dang, Payakumbuh Utara ini, me­ngajak jemaah untuk memperbaiki niatnya dalam beribadah. Ia juga meminta umat, untuk ber-empati kepada orang-orang yang serba kekurangan dalam hidupnya. Nilai-nilai ibadah haji  ini, harus dipa­hami dan diamalkan dalam kehi­dupan sehari-hari, ulasnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Kepala Kantor Kementerian Agama H. Asra Faber, juga mengajak warga kota,  memaknai arti pengurbanan yang diajarkan Islam.  Kenapa dinegara  yang kaya sumber daya alam ini, masih  lambat mencapai kesejahteraan  terhadap penduduk­nya. Karena,  semangat pengurba­nan itu masih belum ikhlas karena Allah SWT.

Dalam memacu pembangunan Kota Payakumbuh, pemerintah kota butuh peran serta masyarakat. Se­mangat juang seluruh warga diperlu­kan, guna mengantisipasi keterba­tasan financial kota. Untuk itu, seluruh aparatur penyelenggara negara dan masyarakat atau umat Islam, harus bersinergi membangun kota ini, dengan memohon ridhanya Allah.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1436 Hijriyah itu, berlangsung tertib, khidmat  dan lancar. Ikut hadir shalat Idul Adha bersama Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Wakil Ketua Wilman Singkuan, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Heri Sumitro, S.Pd, Kapolresta AKBP Yuliani, SH, sejumlah pimpi­nan SKPD,  pengurus MUI dan para perantau yang pulang kampung. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]