Pengerjaan Proyek Ditemukan Asal Jadi


Kamis, 24 September 2015 - 19:48:25 WIB

Pemantauan ini sebutnya, sekaitan dengan fungsi pengawasan lembaga legis­latif. Selain itu, kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti laporan-laporan yang masuk dari masyarakat terkait pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur yang dirasa terdapat kelemahan dalam proses penger­jaan, perencanaan maupun pengawasannya.

“Contohnya pengerjaan rehabilitasi irigasi Talago Gunung tersebut. Sesuai kontrak dengan nomor 06/BMP-DPU/SWL-2015 tertanggal 25 maret 2015, itu harus selesai dalam waktu 180 hari kalen­der atau sampai 20 September 2015. Namun hingga batas waktu yang ditetapkan, pembangunannya tak juga rampung,” sebut Hasjoni yang juga diamini Deri Asta.

Pemantauan yang hanya dua hari itu, tidak semua proyek tersebut sempat dilaku­kan peninjauan. Akan tetapi dari Komisi III DPRD Sawahlunto sempat meninjau 11 proyek infra­struktur lainnya yang ada di empat kecamatan di kota itu.

Diantaranya pengerjaan proyek kantor Dinas PU Bidang Cipta Karya, penataan simpang Jembatan Napar, jalan di Talawi Mudik, Jem­batan Rantih di Talawi, jalan di Muarokalaban Silungkang, Kantor Lurah Air Dingin Keca­matan Lembah Segar, dam Rumah Potong Hewan Air Dingin, bangu­nan kantor dan rumah jaga potong hewan Kecamatan Lembah Segar, Pasar Songket, Jembatan Gapersil, pengaspalan jalan mikrowave dan drainase di Muarokalaban.

Terkait masalah pengerjaan rekanan lan­jut­nya, jika dibandingkan dengan sisa waktu yang disepakati dalam kotrak kerja, sebe­nar­nya bisa diselesaikan tepat waktu. Na­mun masih ada kekhawatiran dalam pe­nger­jaan jembatan Gapersil dan Jemba­tan Ran­tih, yang bisa saja tidak selesai pada wak­tunya dikarenakan musim hujan akan da­tang.

Deri Asta menambahkan, tinjauan ini merupakan salah satu formula sebelum peker­jaan selesai. Hasil yang didapat akan menjadi rekomendasi, sekaligus koreksi untuk per­baikan. Efek positifnya bisa dirasakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dalam meminimalkan resiko dari buruknya pekerjaan, sehingga bisa mem­perbaiki mutu proyek untuk selanjutnya.

“Sengaja di pertengahan ini kita lakukan pengawasan. Namun di akhir Desember nanti Komisi III akan turun kembali, sebagai bentuk penilaian dari semua masukan dan saran yang telah diberikan kepada pihak terkait, termasuk rekanan. Yang jelas, kepada pengawas dan rekanan, kita mewarning agar benar-benar memper­hatikan mutu, kualitas dan bobot penger­jaan proyek,” tegasnya. (h/mg-rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 19:39:26 WIB

    Pengerjaan Masjid Terapung Pessel Harus Dikebut

    Pengerjaan Masjid Terapung Pessel Harus Dikebut PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, meninjau pelaksanaan pembangunan masjid terapung di kawasan Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai, Selasa (3/3)..
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 16:26:49 WIB

    Pengerjaan Talut di Campago Barat Terhenti

    Pengerjaan Talut di Campago Barat Terhenti PADANGPARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Pekerjaan pemasangan talud dan pengerasan badan jalan pada pekerjaan pembukaan jalan baru di Nagari Campago Barat terhenti sudah tiga minggu ini..
  • Rabu, 26 Juni 2019 - 14:25:07 WIB

    Pengerjaan GI Panti Selatan Tuntas 90 Persen

    Pengerjaan GI Panti Selatan Tuntas 90 Persen PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pengerjaan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 KV di Ampanggadang, Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, akan segera berakhir pada Agustus 2019 nanti..
  • Kamis, 14 Februari 2019 - 12:13:24 WIB

    Tol Padang Pariaman-Pekanbaru, Pengerjaan Kembali Dimulai dari Titik 3,9 KM

    Tol Padang Pariaman-Pekanbaru, Pengerjaan Kembali Dimulai dari Titik 3,9 KM PADANG, HARIANHALUAN.COM—Setelah sempat terhenti karena kesimpangsiuran status kepemilikan tanah, pembangunan ruas jalan tol Padang Pariaman-Pekanbaru (PPR-PKU) dari titik 3,9 sampai 4,2 kilometer kembali dimulai. Pemindaha.
  • Ahad, 28 Oktober 2018 - 09:40:06 WIB

    Pengerjaan Pedestrian Panorama Asal Jadi, Wali Kota Bukittinggi Marah

    Pengerjaan Pedestrian Panorama  Asal Jadi, Wali Kota Bukittinggi Marah BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi marah  ketika  melihat kualitas dari pemasangan batu alam proyek pembangunan pedestrian   Panorama Bukittinggi, Sabtu (27/10/2018).

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]