Calon Penumpang Bus Padang-Bukittinggi Kesulitan Cari Angkutan Umum


Kamis, 24 September 2015 - 20:05:28 WIB

Ia mengatakan walaupun calon penumpang sudah menunggu sejak subuh, tetap saja angkutan umum tersebut susah dicari.

“Biasanya yang tetap lancar ada PO Sinamar namun harus beli tiket dulu. Mereka tidak mau mengambil penumpang yang menunggu di sini,” katanya.

Jalan di depan Hotel Basko, Padang ini biasanya menjadi tempat pemberhentian dan pengirian penum­pang bagi beberapa bus di antaranya ANS dan Yudha.

Salah seorang agen bus, Odin mengatakan hal ini sudah biasa terjadi tiap Lebaran.

“Bus angkutan selalu begini tiap Lebaran, ANS sudah kembali ke Bukittinggi kemarin dan kemungkinan berangkat ke Padangnya kecil. Sedangkan Yudha banyak yang berangkat ke Jambi untuk mengangkut penumpang di sana,” katanya.

Ia mengatakan untuk calon penumpang Bukittinggi yang terlantar di depan Basko akan dicarikan mobil apa saja yang mau mengangkut mereka.

“Biasanya ada beberapa bus yang sebenarnya tujuan Payakumbuh, Pariaman atau Batusangkar yang beralih ke Bukittinggi karena banyaknya penumpang,” ujar dia.

Selain itu, kelangkaan angkutan menuju Bukittinggi menjadi ajang panen rejeki bagi sopir-sopir travel tidak resmi.

“Saya bukan seorang sopir travel namun karena memang akan mudik ke Bukittinggi dan melihat banyak masyarakat tujuan daerah yang sama, saya menjadi supir travel dadakan,” kata salah seorang sopir Arifin (37).

Untuk biaya angkutan travel tidak resmi ini Rp­10.000 lebih mahal dari angkutan bus umum yang hanya Rp20.000.

Salah seorang pengguna angkutan travel tidak resmi, Lisa (22) mengatakan tidak masalah resmi atau tidaknya sebuah angkutan menjelang Lebaran karena yang terpenting adalah tidak terlantar dan dapat pulang ke Bukittinggi. (h/*)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 November 2019 - 20:06:30 WIB

    Sidang Alot, Buchari Bachter dan Dady Fatria juga Mundur dari Calon Ketum Kadin Padang

    Sidang Alot, Buchari Bachter dan Dady Fatria juga Mundur dari Calon Ketum Kadin Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah sebelumnya dua calon mundur, penjaringan calon Ketua Umum Kadin Kota Padang akhirnya menyisakan tiga nama. Namun, setelah sidang yang alot, dua calon lagi yakni, Buchari Bachter dan Dady Fa.
  • Kamis, 21 November 2019 - 17:50:16 WIB

    Dua Calon Mundur dari Bursa Ketum Kadin Padang

    Dua Calon Mundur dari Bursa Ketum Kadin Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dua orang bakal calon Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Padang mundur dari pencalonan saat digelar Musyawarah Kota (Muskot) Kadin Padang di Hotel Mercure, Kamis (21/11) sore..
  • Selasa, 19 November 2019 - 23:45:45 WIB

    Kadin Padang Segera Gelar Muskota, Lima Nama Calon Ketua Mengapung

    Kadin Padang Segera Gelar Muskota, Lima Nama Calon Ketua Mengapung PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Padang menggelar Musyawarah Kota (Muskota) di ball room Mercure Hotel, Kamis, 21 November 2019 mendatang. Hal itu dikatakan Ketua Karteker, Sam Salam dida.
  • Senin, 14 Agustus 2017 - 17:42:10 WIB

    Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya

    Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya PADANG, HARIANHALUAN.COM—Wali Kota Padang, Mahyeldi, akhirnya angkat bicara tentang baliho dan poster bakal calon kepala daerah Kota Bengkuang ini yang mulai muncuil sejak beberapa waktu belakangan. Menurutnya, hal seperti .
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:08:18 WIB
    JELANG KONFERPROV PWI SUMBAR

    Tiga Calon Mulai Bergerilya

    PADANG, HALUAN – Tiga kandidat Ketua PWI Sumbar periode 2016-2021 mulai ber­gerilya mencari dukungan suara jelang Kon­frensi Provinsi (Konferprov) Persatuan War­tawan Indonesia (PWI) Sumbar yang akan diselenggarakan Seni.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]