Bank Nagari Dukung KPR SMF Rp50 Miliar


Jumat, 25 September 2015 - 18:42:59 WIB

Dana tersebut akan disa­lurkan kembali dalam ben­tuk KPR untuk mendukung prog­ram sejuta rumah pe­merintah.

Sedangkan Direktur Uta­ma SMF Raharjo Adi­susanto di Jakarta menga­takan, “Ini bukti keseriusan SMF dalam mendukung te­rea­lisasinya program sejuta rumah yang telah dica­nang­kan oleh pemerintah.”

Kerja sama ini diharap­kan dapat membuka pintu gerbang bagi Bank Pem­bangunan Daerah lainnya untuk bersinergi bersama SMF demi mendukung prog­ram kepemilikan ru­mah yang layak dan terjang­kau bagi masyarakat Indo­nesia, utamanya menengah ke bawah.

Masyarakat menengah ke bawah memerlukan ang­suran yang terjangkau de­ngan jumlah yang tetap. Hal tersebut menurut Raharjo dapat dicapai dengan dua hal, pertama menggunakan dana jangka panjang, se­hingga tenor pinjaman men­jadi panjang. Kedua, tingkat suku bunganya tetap, se­hingga angsurannya tetap (tidak bertambah).

“Di sini letak dari du­kungan kami untuk mem­berikan pinjaman Bunga Tetap Jangka Panjang (BT­JP),” katanya.

Sebelumnya, Ke­men­te­ri­an Keuangan juga siap mem­berikan lahan seluas 381 hektar dengan nilai sebesar Rp1,43 triliun, seba­gai insentif bagi program penyediaan sejuta rumah yang sedang digiatkan oleh pemerintah.

“Kita ‘concern’ dengan masyarakat kelas bawah. Untuk membangun ru­su­nawa (rumah susun seder­hana sewa), terutama di Jabodetabek dan beberapa kota besar, kita me­nye­dia­kan lahan asalkan dibangun rusunawa,” kata Menteri Keuangan Bambang Bro­djonegoro.

Menkeu mengatakan la­han tersebut merupakan bekas aset Badan Penye­hatan Perbankan Nasional (BPPN) yang telah dikelola oleh negara dan pe­ma­kaian­nya nanti diserahkan kepada otoritas yang ingin mem­bangun perumahan rakyat.

“Misalnya pemda DKI membutuhkan, silahkan sa­ja, kita hibahkan ke DKI. Yang penting lahan tersebut digunakan untuk mem­ba­ngun rusunawa, jangan mem­bangun apar­temen me­wah atau properti yang lain,” jelasnya.

Selain pemerintah dae­rah, otoritas lain seperti Perum Perumnas atau BU­MN lainnya, maupun Ke­men­terian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rak­yat bisa ikut terlibat dalam program yang dita­warkan Kemen­terian Ke­uangan ini.

Rincian lahan yang di­tawarkan tersebut adalah 11 hektar berada di Jakarta, 79 hektare di Bogor, 90 hektare di Tangerang, 20 hektare di Bekasi, 18 hektare di Jom­bang, 75 hektare di Lam­pung, 30 hektare di Pa­lem­bang, 13 hektare di Padang, enam hektare di Batam dan 36 hektare di Deli Serdang.

“Mungkin tidak se­mu­anya bisa jadi rusunawa, karena ada daerah misalkan belum perlu rumah ke atas, bisa juga dibangun ‘landed house’. Tapi intinya kita mau dukung program sejuta ru­mah cepat berjalan,” ujar Menkeu.  (h/atv/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 09:41:54 WIB

    Khawatir Tak Aman, Bank di Amerika Minta Karyawannya Hapus TikTok

    Khawatir Tak Aman, Bank di Amerika Minta Karyawannya Hapus TikTok HARIANHALUAN.COM - Salah satu bank di Amerika Serikat Wells Fargo & Co. meminta para karyawannya untuk menghapus TikTok dari smartphone mereka karena adanya kekhawatiran tentang keamanan aplikasi tersebut..
  • Jumat, 09 Maret 2018 - 10:45:05 WIB

    Bank Indonesia Amankan 53 Upal di Pasbar

    Bank Indonesia Amankan 53 Upal di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat melakukan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang dan penegakan hukum tindak pidana pemalsuan uang kepada masyarakat, Pemkab Pasaman Barat dan P.
  • Jumat, 18 Agustus 2017 - 22:44:24 WIB

    Bawa Voucher UN Swissindo, Warga Ditolak Petugas Bank Mandiri

    Bawa Voucher UN Swissindo, Warga Ditolak Petugas Bank Mandiri PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Meski sempat dikeluarkannya surat edaran oleh Walikota Payakumbuh terkait untuk tidak terpengaruh atau ikut serta dalam kegiatan UN Swissindo. Tetapi masih saja ada warga Payakumbuh yang tertari.
  • Jumat, 17 Februari 2017 - 23:24:16 WIB

    Pencuri Gasak Uang Nasabah Bank di Sijunjung, Rp150 Juta Nyaris Raib

    Pencuri Gasak Uang Nasabah Bank di Sijunjung, Rp150 Juta Nyaris Raib SIJUNGJUNG, HALUAN—Dua orang pencuri spesialis nasabah bank beraksi di Kabupaten Sijunjung. Kali ini, korban bernama Yatimin yang membawa uang senilai Rp150 juta menjadi target pelaku, Jumat (17/2) pukul 11.20 WIB. .
  • Jumat, 27 November 2015 - 19:55:31 WIB

    Bank Mandiri Genjot Nasabah Siswa Sekolah

    JAKARTA, HALUAN — PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggenjot jumlah nasabah siswa sekolah. Ca­ranya, perseroan mela­ku­kan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 100 sekolah di Indonesia untuk peng­gunaan t.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]