Sarana Prasarana Lembah Harau Perlu Dibenahi


Jumat, 25 September 2015 - 18:44:37 WIB

“Sara prasarana Lebah Harau, perlu lebih dibenahi lagi termasuk pembangunan mushalla, pelebaran jalan masuk ke objek wisata. Se­hingga objek wisata Lembah Harau semakin banyak pe­ngunjung, baik wisatawan manca negara, maupun wisa­tawan lokal,”ungkap Kadis Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Bud­par­pora) yang dihubungi Jumat kemarin di Tanjung Pati.

Pantauan Haluan ke lo­kasi, selain jalan masuk yang kurang memadai, juga jum­lah sepeda air yang setia melayani pengunjung perlu ditambah. Karena peminat sepeda air antri untuk m­e­nikmati keindahan alam objek wisata lembah Harau dari sungai. Itupun kon­disinya sudah ada yang mem­prihatinkan, dinding sepeda air sudah ada yang robek dan berlubang.

Tak hanya itu, kolam pemandian anak di Sarasah Aka Barayun belum pernah dibangun baru, lokasi pe­mandian di lokasi itu dibi­arkan seadanya. Sehingga kolam itu sepi pengunjung ketika musim kemarau, ka­rena tidak ada air terjun, kolam akan kekeringan. Sebaiknya pihak pengelola merenovasi pemandian anak tersebut yang dibangun per­manen.

Sepantasnya masyarakat Limapuluh Kota, meminta agar objek wisata alam Lem­bah Harau yang dikelola Budparpora itu dilengkapi fasilitasnya, agar tetap di­minati wisatawan lokal ma­u­pun mancanegara. Tempat bermain anak yang strategis dilokasi kandang binatang yang berada diseberang ba­tang Harau, dengan lahannya yang masih luas dilengkapi hijaun hutan. Sehingga, se­makin mempercantik wajah lembah Harau, karena hu­bungan ke lokasi terdapat sebuah jembatan kayu yang kokoh.

Objek wisata Lembah Harau, adalah objek wisata alam andalan di Limapuluh Kota, lokasinya, terletak di Kecamatan Harau. Berada ± 138 Km dari Padang dan 47 Km dari Bukittinggi dan sekitar, 18 Km dari Kota Payakumbuh dan sekitar 2 Km dari Pusat Pe­me­rin­tahan Kabupaten Lima­pu­luh Kota. Dilingkungi batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]