Museum Adityawarman Segarkan Wajah Ruang Pamer


Jumat, 25 September 2015 - 18:53:16 WIB

Kepala Museum Aditya­warman Padang Noviyanti menjelaskan, konsep dio­rama yakni mengambarkan suasana perkampungan Mi­nangkabau zaman dahulu.

Dalam konsep ini akan digambarkan bagaimana kondisi pedesaan, apa saja yang ada, yang khas dari ranah Minang akan di­gam­barkan dalam bentuk fisik dan lukisan pada diorama tersebut.

“Ruang pamer kita ini, kan, ada dua sisi, yang sebe­lah kiri diorama akan di­buat, dan sebelah kanan ruangan akan diisi juga de­ngan berbagai jenis hasil karya jari-jari perempuan Minangkabau misalnya, a­nya­man perempuan Mi­nang, tembikar, dan hasil jahitan perempuan Minang dan banyak lagi yang lain­nya,” jelasnya, Jumat (25/9).

Ia mengatakan, proses perubahan wajah museum kali ini diserahkan pada pihak ke tiga dalam me­nanganinya, dan pihak yang dipilih adalah orang-orang yang memang profesional dan berpengalaman serta memahami Minangkabau dengan baik.

“Inysaallah pertengahan Oktober sudah selesai dio­ramanya, dan selanjutnya kita akan langsung menata ruangan sebelah kanan yang sekarang masih terpajang kain-kain dari berbagai pro­vinsi. Nanti akan kita lipat, dan serahkan kembali pada tuan rumah yang akan me­laksanakan pameran kain nusantara berikutnya,” ulas­nya.

Ia juga berencana, dalam waktu dekat akan menga­dakan MoU dengan be­be­rapa perguruan tinggi guna mengoptimalkan so­sialisasi dan sekaligus mengajak ge­nerasi muda untuk lebih melek terhadap budaya, kesenian, dan tradisi adat Minangkabau.

“MoU ini kami lakukan untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, jadi nanti akan ada ma­hasis­wa-mahasiswa magang yang ditempatkan di museum. Sekaligus membantu dalam menyosialisasikan museum, baik pada teman-temannya maupun masyarakat,” ujar­nya.

Sementara itu, event orga­nizer (EO) diorama yang juga Ketua Yayasan Seni Rupa Sumbar Iswandi yang didampingi kurator yang didatangkan dari Bali, I Made Setyabudi, menga­takan konsep diorama ini akan mengambarkan nagari di Minangkabau, akan ada Rumah Gadang, Balairung, Kincia, surau, lasuang (tem­pat menumbuk padi jadi beras), dan banyak lagi yang lainnya yang khas dari nagari Minang.

“Untuk bahan-bahan­nya, ada yang terbuat dari kertas, streoform, resin, busa kayu dan beberapa bahan lainnya. Untuk pembua­tannya kita bagi-bagi tugas, misalnya yang buat rumah adat ada anggota dari Paya­kumbuh, dan untuk mem­buat surau ada dari Agam, dan nanti setelah jadi baru dibawa ke Padang,” ujarnya.

I Made Setyabudi me­nam­bahkan, konsep nagari Minangkabau yang akan ia buat seolah-olah hidup, kon­disi diorama akan dibuat sedemikian rupa. Dengan mengambarkan aktivitas orang-orang Minang, akan ada gambaran sungai yang mengalir serta akan ada hamparan persawahan.

“Pokoknya diorama ini seolah-olah hidup dan ber­bicara gambarannya, dan akan digambarkan aktivitas nagari juga. Untuk pe­nye­lesaiannya, 45 hari kerja, tanggal 15 Oktober kita sudah serah terima dengan pihak museum,” pung­kasnya. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 13:20:05 WIB

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengelola Museum Alat Music Indonesia dan Dunia, Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Pa.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 13:46:10 WIB

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kunjungan ke objek wisata museum Adityawarman saat liburan mengalami peurunan hingga 50 persen dibanding lebaran tahun lalu. Padahal, selama libur lebaran, pengelola sama sekali tidak menaikkan tari.
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 18:45:55 WIB

    Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang

    Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional tahun 2018 mendatang di Kota Padang. Museum Adityawarman akan membuat museum jurnalistik dengan anggaran sekitar Rp5 Miliar..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 01:14:16 WIB

    PAD Museum Tercapai Rp118 Juta

    PADANG, HALUAN — Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Museum Aditya­war­man lima tahun terakhir terus menun­jukkan peningkatan yang sig­nifikan. Pada tahun 2016, PAD Museum Aditya­warman mencapai Rp118.­331 dengan target Rp.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:33:21 WIB

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya PADANG, HALUAN — Pengelola Museum Adityawarman kembali menggelar atraksi budaya. Sebelumnya atraksi budaya yang ke tujuh sudah digelar pada Minggu (25/9)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]