Obama dan Putin Akan Bertemu di PBB


Jumat, 25 September 2015 - 18:54:51 WIB

Hubungan AS dan Rusia memburuk setelah peris­tiwa pen­caplokan Semenanjung Krim, atau Crimea, Ukraina, Maret 2014. AS dan negara-negara Barat menjatuhkan sank­si kepada Rusia di tengah tudu­han Moskwa mendukung pem­berontakan di timur Ukraina dengan menyediakan pasukan dan senjata.

Rusia juga dikritik karena melakukan aksi militer di Su­riah dan mendukung Presiden Bashar Al-Assad.

“Mengingat situasi di Ukrai­na dan Suriah, meskipun ada perbedaan yang mendalam an­tara kami (Amerika Serikat) dengan Moskow, Presiden (Oba­ma) percaya bahwa akan sangat tidak bertanggung jawab jika kami tidak mencoba untuk membuat kemajuan (hubungan) dengan Rusia,” kata seorang pejabat senior pemerintah AS kepada BBC.

Pejabat itu mengatakan bah­wa tujuan pertemuan Obama dan Putin adalah memastikan Rusia mematuhi ketentuan gencatan senjata di Ukraina yang telah dine­gosiasikan di Belarus, Februari lalu.

Belum jelas apakah perte­muan nanti akan berlang­sung sebelum atau setelah Presiden Putin berbicara di Sidang Ma­jelis Umum PBB. Pemimpin Rusia itu juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Je­pang Shinzo Abe, Senin (28/9). (h/inl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Juli 2015 - 19:28:32 WIB

    Obama Segera Tutup Penjara Guantanamo

    WASHINGTON, HALUAN — Gedung Putih kini mem­persiapkan tahap akhir ren­cana penutupan penjara Guantanamo yang dipakai menahan para tersangka teroris asing, tulis Sydney Morning Herald, Kamis (23/7).

    .
  • Ahad, 22 Maret 2015 - 19:20:04 WIB

    Persulit Perdamaian Israel-Palestina, Obama Kritik Netanyahu

    WASHINGTON DC, —  Di masa kampanye, Benjamin Netanyahu menyatakan dia tidak akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Kini ketika Netanyahu sudah terpilih sebagai perdana menteri Israel, janji kampanyenya itu dian.

  • Selasa, 03 Maret 2015 - 19:13:35 WIB

    Obama dan Netanyahu Adu Mulut

    WASHINGTON, HALUAN — Presiden AS Barrack Obama dan PM Israel Benjamin Neta­nyahu, Senin (2/3), terlibat adu mulut soal program nuklir Iran. Saat pidato di Kongres, Netanyahu mengatatakan ke­se­pakata .

  • Jumat, 13 Februari 2015 - 19:50:46 WIB

    Obama Akan Bunuh Para Pemimpin ISIS

    WASHINGTON, HALUAN — Presiden Barack Obama menyatakan akan mengirimkan pasukan khusus Amerika Serikat untuk membunuh para pemimpin ISIS di tengah permintaannya kepada Kongres untuk  mengizinkan operasi militer darat gun.

  • Jumat, 13 Februari 2015 - 19:49:57 WIB

    Tiga Mahasiswa Muslim Ditembak, Presiden Turki Kritik Obama

    NORTH CAROLINA, HA­LU­AN — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang diam soal pembunuhan tiga mahasiswa muslim di North Carolina. Erdogan mendesak Obama.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]