Timses Paslon Kampanye di Medsos


Jumat, 25 September 2015 - 19:00:29 WIB

“Ttidak semua masya­rakat yang paham dengan media sosial, namun de­m­i­kian kami akan me­mak­simalkan medsos dalam ka­m­panye dan so­sialisasi pas­lon yang kami usung, karena sekecil apapun kesempatan untuk sosialisasi harus di­manfaatkan,” ung­kap­nya, Jumat (25/9).

Menurutnya, dengan ka­m­panye di medsos akan meraih perhatian khususnya para pemilih pemula karena mayoritas pengguna dan yang aktif dalam medsos adalah para kaula muda hingga orang dewasa. Jadi, kampanye pada medsos me­m­berikan peluang yang be­sar untuk meng­kampanye­kan paslon, dan mem­beri­kan informasi paslon.

Pihaknya juga akan me­ng­gunakan bahasa dan trik-trik yang santun dalam me­ng­kampanyekan paslon di medsos. Ia tidak ingin me­nim­bulkan argumen negatif di masyarakat yang nantinya akan merugikan paslon. “Kami menggunakan bahasa dan kegiatan yang positif dalam mengelola medsos, karena kedua paslon adalah putra-putra terbaik Sumbar yang mempunyai nama dan prestasi yang bagus dimata masyarakat,” jelasnya.

Untuk mengelola me­dsos ia mengatakan, tim pemenangan telah men­yiap­kan tim khusus di posko dan punya ruangan tersendiri yakni dibidang IT dengan jumlah pengelola 12 orang yang sifatnya stanby di sekre­tariat. Untuk anggaran bagi pengelola medsos, pihaknya memberikan anggaran se­cara profesional.

“Untuk biaya kampanye di medsos tidak mahal dan tidak terlalu banyak men­yedot biaya karena kan ha­nya menggunakan IT, dan tenaga yang paham terhadap IT. Nanti semua kegiatan paslon akan diupload ke medsos, dan termasuk juga kegiatan-kegiatan tim serta informasi yang berkaitan dengan paslon,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Irwan Prayitno t(IP)-Nasrul Abit (NA) Budi Syukur, selain turun langsung ke lapangan untuk men­sosia­lisasikan paslon, pihaknya juga sudah mempersiapkan tim khusus untuk mengelola akun sosial (medsos) untuk meng­kam­panye­kan paslon.

“Kita tidak bisa melihat sebelah mata sekecil apapun peluang, maka akan kita manfaatkan. Apalagi me­dsos ini, adalah salah satu wadah di mana tempat para pemilih pemula berkumpul dan berdiskusi. Nah pada kesempatan ini, kita bisa memberikan informasi-in­for­masi dan pendidikan po­litik yang positif pada pe­milih pemula,” ujarnya.

Untuk mengelola med­sos tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan lebih dari tiga orang tenaga IT yang paham dan mengerti bagai­mana mengelola akun-akun sosial. Dikatakan juga, ang­gota pengelola medsos ini selain setiap harinya me­nam­bah teman, mem­beri­kan komentar-komentar po­sitif di akun sosial juga akan mengupload setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh tim dan paslon.

Ketika ditanyakan ang­garan untuk mengelola med­sos, ia mengatakan tidak memakan anggaran yang ba­nyak dan mahal karena yang dibutuhkan dalam me­nge­lola medsos adalah orang yang berpengalaman , “Ang­garan untuk mengelola ter­bilang cukup kecil ya, pa­ling­an untuk beli paket atau kuato internet saja, dan ditambah dengan anggaran honor pe­nge­lolanya,” ujarnya.

Diberitakan se­belum­nya, Pengamat Politik dari Uni­ver­sitas Andalas (Una­nd) Asrinaldi menilai, per­kem­bangan pengunaan Me­d­sos di ranah politik menjadi trend baru bagi masyarakat, tidak terkecuali untuk pas­lon un­tuk men­sosialisasikan diri dan memobilisasi mas­sa. Untuk itu, hal ini penting juga bagi KPU untuk men­jadikan Me­d­sos sebagai tem­pat men­sosialisasikan pil­kada se­ren­tak yang akan diseleng­gara­kan 9 Desember 2015 men­datang.

“Karena dengan me­man­faat­kan Medsos, tentunya akan lebih banyak ke­sem­pa­tan untuk merangkul pe­milih pemula untuk meng­gunakan hak dalam memilih calon kepala daerah. Selain itu, di Medsos juga dapat diketahui secara langsung apa saja yang menjadi per­masalahan dari para pemilih pemula enggan datang me­milih, dan dari sana akan bisa dirumuskan solusi atau rancangan untuk mengaet para pemilih,” ujarnya be­be­rapa waktu lalu. (h/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]