Jemaah Haji Sumbar Sudah Selesai Melontar Jumrah


Jumat, 25 September 2015 - 19:04:40 WIB

Ia mengatakan, seluruh je­maah gelombang pertama asal Sumbar telah menyelesaikan ibadah melontar jumrah sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Jemaah asal Sumbar, lan­jutnya, memang men­dapatkan jadwal pelemparan jumrah di luar waktu paling afdal. Ke­un­tu­ngan­nya, pada jadwal tersebut desak-desakan jemaah tidak terjadi se­hingga resiko terjadinya penum­pukan jemaah yang mengancam keselamatan jiwa dapat dihindari.

Jemaah asal Indonesia di­kenal cukup menaati aturan di­banding jemaah dari negara lain. Ini tentu menjadi peringatan bagi calon jemaah di tahun-tahun depan untuk setia menaati aturan dari panitia demi keselamatan jiwa saat beribadah.

“Seperti kejadian Kamis ke­marin itu, kebanyakan korban dari Mesir dan Afrika yang me­mang dikenal ngotot dalam me­ngejar waktu-waktu paling af­dal saat melaksanakan rangkaian ibadah haji,” imbuhnya lagi.

Sudah Delapan Jamaah Meninggal

Sementara itu, berdasarkan data terakhir PPIH Embarkasi Padang pada Jumat (25/9) siang, tercatat sudah delapan jemaah Sumbar yang meninggal dunia. Satu jemaah meninggal karena menjadi korban pada musibah jatuhnya crane beberapa waktu lalu, sedangkan tujuh lainnya meninggal karena sakit.

“Terakhir jemaah Embarkasi Padang meninggal pada Kamis (23/9) lalu karena sakit, bernama Nursida Silun Binti Silun asal Kota Padang. Tujuh jemaah yang meninggal karena sakit, rata-rata mengalami gangguan pernafasan dan jantung, sedangkan satu ja­maah lain adalah korban musibah crane yang lalu,” tambah Damri.

PPIH Embarkasi Padang tu­rut mengimbau agar jemaah asal Sum­bar yang telah menyelesaikan setiap tahapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, agar tetap men­jaga kondisi kesehatan sem­bari me­nunggu jadwal kepulangan yang dimulai pada Senin (28/9) esok.

“Kepada keluarga jemaah agar terus mendoakan, dan kepada keluarga dari jamaah yang me­ninggal agar tetap ikhlas, tabah dan mendoakan almarhum-al­mar­humah yang berpulang ke rahmatullah dalam keadaan beri­badah,” pungkas Damri.

Evaluasi Haji

Menyusul terjadinya musibah yang menewaskan berapa warga negara Indonesia dan ratusan jemaah lainnya di Mina, Arab Saudi, Kementerian Agama akan melakukan evaluasi dalam skala besar mengenai pelaksanaan ibadah haji.

“Setelah ini akan dilakukan rapat koordinasi menyeluruh. Semua yang terkait penye­leng­garaan haji akan kita evaluasi ulang,” ujar Kepala Bidang Hu­mas Kementerian Agama RI, Rosidin Karidi, saat ditemui di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2015).

Menurut Rosidin, evaluasi tidak hanya dilakukan terhadap direktorat yang menangani masa­lah haji dan umrah. Akan tetapi, evaluasi juga termasuk bagi pe­ru­sahaan travel yang menyediakan jasa pemberangkatan haji. Hal ini dila­kukan dalam rangka me­ning­katkan pelayanan bagi jemaah haji.

Evaluasi akan dilakukan mu­lai dari calon anggota jemaah haji melakukan pendaftaran, pe­ngu­rusan perizinan, hingga pen­dampingan selama berada di Arab Saudi.

“Kita punya tiga tugas utama, yaitu pelayanan, pembinaan dan perlindungan. Perlindungan ke­pada jemaah haji sudah kita la­kukan dengan standar aturan dasar. Misalnya, ada kewajiban pemerintah untuk melindungi dengan menempatkan petugas di titik-titik rawan musibah,” kata Rosidin. (h/mg-isq/kcm)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:20:37 WIB

    Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini

    Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini HARIANHALUAN.COM -- Jemaah Tarekat Naqsabandiyah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriyah pada hari ini Sabtu (23/5/2020). Sejak pagi, jemaah tampak sudah berdatangan ke Surau Baru, Jalan Dr. Moh Hatta, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, .
  • Selasa, 28 November 2017 - 02:17:50 WIB
    RESES DI MASJID NURUL IMAN AUR DURI

    Jemaah Minta Sarana Mobiler MDA

    Jemaah Minta Sarana Mobiler MDA PADANG, HALUAN--Jamaaah Mesjid Nurul Iman Aur Duri mengharapkan, sarana mobiler MDA berupa bangku dan meja..
  • Rabu, 04 November 2015 - 19:13:54 WIB

    Dua Jemaah Sumbar Belum Dibolehkan Pulang

    SEBULAN LEBIH DIRAWAT

    PADANG, HALUAN — Mes­­kipun kepulangan Ke­lom­pok Terbang (Kloter) terakhir jemaah haji Indo­nesia telah berakhir pada 24 Ok.

  • Senin, 28 September 2015 - 20:31:34 WIB

    Jemaah Haji Sumbar Pulang

    MULAI HARI INI

    PADANG, HALUAN — Se­te­lah melewati serangkaian prosesi i.

  • Senin, 15 Juni 2015 - 19:30:03 WIB

    Jemaah Naqsabandiyah Hari Ini Mulai Puasa

    PADANG, HALUAN — Seperti tahun-tahun se­belumnya, jemaah Tareqat Naqsabandiyah akan mengawali ibadah Ramadan lebih dahulu dibanding umat Islam lainnya. Setelah melakukan berbagai pendekatan keilmuan dal.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]