KUB Pasia Maelo dan Siswa SMK Kelautan Gelar Aksi Bersih Pantai


Ahad, 27 September 2015 - 18:51:24 WIB

Kegiatan bersih-bersih pantai merupakan upaya untuk meningkatkan kepe­dulian, kecintaan dan parti­sipasi masyarakat dalam menjaga kelestaian lingku­ngan pantai dan laut.

Kegiatan seperti ini se­tiap bulan dilakukan, sengaja melibatkan anak sekolah dengan tujuan untuk mem­berikan pelajaran dan kesa­daran dini kepada generasi muda terhadap kebersihan lingkungan alam.

“Bagi masyarakat Tan­jung Mutiara laut dan pantai merupakan sumber daya alam dan ladang ekonomi penting, bukan saja sebagai tempat menangkap ikan juga merupakan objek wisata, karena itu perlu dijaga ke­bersihan dan kelesta­rian­nya,” kata Ketua KUB Pasia Maelo, Sawirman, yang ikut dalam kegiatan bersih-ber­sih itu.

Dalam rangka bersih-bersih anggota KUB juga melakukan temu ramah de­ngan Bupati Agam Indra Catri dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Agam Ermanto di Tempat Pelelangan Ikan Tiku.

Bupati pada acara itu mengingat masyarakat ter­utama nelayan di pesisir pantai agar   tidak mengek­sploitasi potensi laut secara berlebih-lebihan dan de­ngan cara yang tidak benar atau merusak.

“Sebagai contoh, tidak merusak hutan bakau dan terumbu karang yang me­miliki manfaat luar biasa sebagai tempat hidup ikan dan biota laut lainnya, kalau kondisinya dirusak maka akan mengganggu keseim­bangan ekosistem laut yang pada akhirnya akan meru­gikan masyarajat sekitar­nya,” kata bupati. (h/ks)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]