KPU Harus Jaga Integritas dan Independensi


Ahad, 27 September 2015 - 18:53:12 WIB

Lebih jauh ia me­nga­takan,pemungutan suara ti­ng­gal sebentar lagi,untuk itu pihak penyelenggara ha­rus sesegera mungkin men­yiap­kan mental dan me­nunju­k­kan  kinerja yang baik. KPU dengan seluruh jajarannya harus bekerja sesuai dengah ketentuan hukum, indepen­den dan ber­sifat netral, agar pen­ye­leng­garaan Pilkada tahun ini jauh lebih ber­kualitas dari pesta demokrasi sebelumnya.

Dikatakan Asrizal As­nan, di setiap kesempatan, ia selalu mengingatkan semua pihak untuk ikut membantu proses integritas dan in­de­pendensi penyelenggara pe­milu. Kerena sebagai Pj Walikota Solok ia telah diberi amanah untuk melak­sanakan tiga hal.

Disamping di­amanah­kan untuk  melaksanakan roda pemerintahan di Kota Solok, ia juga dituntut untuk menfasilitasi suksesnya pe­lak­sanaan pemilihan Wali­kota dan Wakil Walikota Solok tahun 2015 serta  me­n­jaga netralitas PNS dalam pelaksanaan pilkada.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Solok,Budi San­tosa  mengatakan, KPU Kota Solok sampai saat ini telah bekerja sesuai dengah ketentuan hukum, inde­pen­den dan bersifat netral.

Alhamdulillah, sampai saat ini kami masih bisa men­jaga integritas dan in­depen­densi. Karena kami yakin bahwa integritas dan inde­pen­densi itu me­ru­pa­kan syarat mutlak untuk mewujudkan sebuah pemilu yang ber­kualitas,” kata Budi Santosa.

Ditambahkannya, ber­dasar­kan tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota Solok tahun 2015, KPU Kota Solok akan melaksanakan rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) tingkat PPS. Kemudian pada   tanggal 29-30 September 2015 KPU akan melakukan rekapitulasi DPSHP tingkat PPK. Terus pada tanggal 1-2 Oktober  akan dilaksana­kan  rekapitulasi DPSHP sekaligus Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ting­kat Kota Solok. (h/eri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 18:36:21 WIB

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Sabtu, (19/09) melaunching pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) bertempat di Aula Hotel Jelita, Jalan Raya Tuapejat Km 0, Keca.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 14:52:22 WIB

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan HARIANHALUAN.COM - Dikabarkan salah seorang staffnya positif terpapar virus Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, membatalkan mendadak kegiatan Launching Daftar Pemilihan Sementara (DPS).
  • Jumat, 18 September 2020 - 15:33:06 WIB

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media HARIANHALUAN.COM - Uapaya menangkal berita hoax di sosial media menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai merangkul media baik me.
  • Ahad, 13 September 2020 - 09:49:05 WIB

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi 

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi  HARIANHALUAN.COM - Bantu kelancaran pemilihan serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, membuka pendaftaran atau rekrutmen anggota relawan demokrasi (Relasi)..
  • Jumat, 04 September 2020 - 13:50:49 WIB

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi HARIANHALUAN.COM - Tidak mengindahkan surat peringatan pertama, akhirnya Fauzan Haviz melayangkan surat peringatan kedua kepada KPU Bukittinggi terkait dengan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Padang No. 108/Pdt.G/2018.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]