Cegah Copy Paste, DPRD Libatkan Pakar dan Akademisi


Ahad, 27 September 2015 - 19:01:03 WIB

Para pakar yang akan dilibatkan itu antara la­in, pakar ekonomi Prof Tafdil, pakar hukum Otong Rosadi serta pakar politik dan sosial budaya Ruslan Ismail Mage.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan pakar-pakar tersebut dan mereka menyatakan kesanggupan membantu dalam pem­ba­hasan KU PPAS itu nanti,” katanya.

Dikatakan, dengan meli­batkan para pakar, Rencana Kerja Daerah (RKD) Pem­ko Padang betul-betul bero­ri­entasi untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ka­tanya, DPRD tidak ingin lagi ada program-program yang merupakan copy paste dari program tahun-tahun se­belumnya.

Untuk itu, dalam pem­bahasan antara DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) maupun Satuan Kerja Perangkat Da­erah (SKPD) nantinya, dia meminta seluruh anggota dewan untuk membaca dan meneliti dengan cermat ang­garan yang diajukan masing-masing SKPD.

‘’Saya harap dalam pem­bahasan KUA PPAS, setiap anggota dewan harus mem­baca secara detail rencana kerja dan mata anggaran yang diajukan SKPD. Kami tak ingin ada anggaran yang mubazir dan copy paste dari tahun-tahun sebelumnya. Ini harus menjadi perhatian anggota dewan,” katanya.

Di samping itu, dia me­ngatakan, APBD 2016 men­datang diharapkan lebih mengarah kepada pem­ba­ngunan fisik yang produktif, misalnya pembangunan pa­sar, terminal, jalan, irigasi, lampu penerangan jalan umum dan lainnya.

“Jangan bangga mem­bangun kantor megah-me­gah tapi tidak menyentuh kepada masyarakat banyak. Pembangunan harus bero­rientasi kepada kegiatan produktif yang akan meng­gerakkan roda pereko­nomi­an masyarakat,” katanya.

Terkait pembangunan gedung DPRD, dia menilai, secara pribadi lebih cen­derung gedung DPRD saat ini untuk direnovasi saja dibanding membangun ge­dung baru. Sebab menu­rutnya, selain biaya yang jauh lebih ringan, gedung DPRD saat ini juga memiliki nilai historis yang perlu diles­tarikan. “Kalau saya pribadi, le­bih cenderung gedung DP­RD saat ini direnovasi saja, karena nilai historisnya. Selain itu, biayanya juga lebih murah,” katanya.(h/ade)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]