Agam Kurang Fasilitas Pengelolaan Sampah


Ahad, 27 September 2015 - 19:08:29 WIB

Dikatakannya, dengan sumbar daya yang ada sampai saat ini pihaknya tetap optimal dalam menanggulangi masalah sampah di Kabupaten Agam. Agar penanganan sampah di Agam menjadi lebih maksimal pihaknya memang masih membutuhkan sarana pendukung lebih lengkap.

Ia menjelaskan, saat ini Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerja Umum Agam hanya memiliki 68 unit kontainer, delapan unit mobil truk dan 62 petugas kebersihan. Optimalnya diperlukan sarana, maupun tenaga yang jauh lebih banyak dari yang ada sekarang.

Menurutnya, untuk melayani sampah di 16 kecamatan idealnya diperlukan sekitar 342 unit kontainer sampah, lima puluh truk, serta petugas kebersihan yang cukup. “Kami masih kekurangan kontainer, mobil truk dan petugas,” katanya.

“Dalam rumus pelayanan sampah, satu orang petugas melayani sekitar 1.000 pelanggan. Untuk mengatasi kekurangan ini, kami telah mengajukan penambahan kontainer, mobil dan petugas. Tetapi dengan keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), usulan penambahan masih belum terpenuhi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, meski demikian pihaknya terus berupaya mengajukan penambahan setiap tahun. Ia berharap pada masa-msa selanjutnya pelayanan sampah bisa maksimal dan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi sampah akan lebih banyak. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]