Bandara Pekanbaru Kembali Lumpuh


Ahad, 27 September 2015 - 19:12:03 WIB

“Sejak pagi hingga petang tidak ada perubahan jarak pandang di Pekanbaru sehingga semua pesawat tidak ada yang berani beraktivitas,” ungkap Hasnan kepada Okezone Minggu (27/9).

Akibat kondisi udara yang pekat, membuat 70 penerbangan baik domestik dan internasional dari dan ke Pekanbaru menjadi kacau. Bahkan sebagian besar maskapai seperti Garuda, Citilink, Slik Air,Batik Air, Lion Air dan lainnya sudah membatalkan penerbangan.

“Sejauh ini sudah 58 penerbangan yang menyatakan membatalkan aktivitasnya karena kabut asap. Pihak maskapai juga sudah menyerah dengan kondisi. Kita berharap kondisi asap seperti ini segera berakhir,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua jarak pandang di Pekanbaru dan sekitarnya dari pagi hingga petang berkisar 100 meter. Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 674 titik panas di Pulau Sumatera. Di mana beberapa diantaranya berada di Propinsi Riau.

Sementara itu, dikutip dari detikcom, tiga helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) batal terbang. Pesawat Cassa 212 Pelita Air untuk yang bertugas untuk membuat teknologi modifikasi cuaca (TMC) alias hujan buatan pun batal.

“Pesawat untuk TMC jenis Cassa yang ada di tempat kita juga berimbas tak bisa menabur garam di awan. Ini disebabkan asap pekat yang membuat jarak pandang terbatas,” kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.

Dia menjelaskan,sejak kemarin pesawat Cassa yang bertugas untuk TMC tak bisa terbang. Kondisi kabut asap kiriman dari Sumsel dan Jambi membuat rencana menyemai awan tak bisa dilakukan saat ini.

“Jadi sejak kemarin kita dike­pung asap kiriman dari provinsi tetangga. Jadi tiga heli bertugas pemadaman udara dan satu pesa­wat Cassa dengan kapasitas 1 ton garam untuk TMC tak bisa beker­ja,” kata Edwar. (okz/dtc/met)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Januari 2020 - 21:17:02 WIB

    Viral 'Surat Cinta' Turis Jepang buat Bandara Soekarno Hatta

    Viral 'Surat Cinta' Turis Jepang buat Bandara Soekarno Hatta JAKARTA, HARIANHALAUN.COM - Di Twitter viral surat yang memuji kebersihan Bandara Soekarno Hatta. Kabarnya, surat itu ditulis oleh turis Jepang, negara yang terkenal dengan kebersihannya..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 21:30:55 WIB

    Wah Keren..! Video Promosi "Ayo ke Agam" Sudah Wara-wiri Di 8 Bandara Utama

    Wah Keren..! Video Promosi AGAM,HARIANHALUAN.COM-Sesuai dengan arahan Bupati Agam Indra Catri, di tahun 2020 dicanangkan sebagai tahun "Ayo ke Agam". Menindaklanjuti hal tersebut Bagian Humas Agam bergerak cepat dengan menjalin beberapa kemitraan strat.
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 03:48:08 WIB

    Natuna Segera Memiliki Bandara Internasional

    Natuna Segera Memiliki Bandara Internasional NATUNA, HALUAN — Bu­pati Natuna Hamid Rizal me­mastikan pembangunan Ban­dara Internasional Natuna akan segera dimulai karena beberapa proses dan syaratnya sudah berhasil dilewati..
  • Senin, 16 Mei 2016 - 04:12:43 WIB

    Kios di Bandara Hang Nadim Akan Ditertibkan

    BATAM, HALUAN — BP Batam menarget­kan kios di pelataran Bandara Hang Nadim Batam sudah bersih dari aktivitas beserta fisik bangunannya. Hal itu disampaikan Kepala Bandara hang Nadim Batam, Suwarso, Minggu (15/5)..
  • Sabtu, 27 Februari 2016 - 02:58:21 WIB

    Bandara Khusus Matak Akan Dibuka

    ANAMBAS, HALUAN — Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dan Wan Zuhendra dipastikan bakal bertemu dengan SKK Migas difasilitasi Conoco Philips In­donesia. Agenda pertemuan tersebut ada.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]