AEC Center Diluncurkan


Senin, 28 September 2015 - 20:04:45 WIB

Selain untuk menso­siali­sasikan pemberlakuan MEA tersebut, juga untuk so­sialisasi peluang pasar yang harus diraih kepada para pemangku kepentingan, khu­susnya pejabat peme­rintah daerah, pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat umum.

Thomas mengatakan, salah satu kunci ke­ber­hasi­lan implementasi MEA ada­­lah jika seluruh masya­rakat mengetahui secara benar mengenai MEA, man­faatnya, dan cara meman­faatkannya. AEC Center akan memberikan dukungan dan pengetahuan seputar MEA.

“Pengetahuan masya­rakat yang benar dan jelas tentang MEA adalah salah satu kunci suksesnya im­plementasi MEA,” ujar Tho­­mas.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional (KPI) Ke­menterian Perdagangan, Bachrul Chairi, menjelaskan bahwa AEC Center diben­tuk dengan misi untuk memberikan konsultasi per­dagangan dan jasa.

Selain itu, juga untuk edukasi publik tentang per­kembangan dan pe­luang MEA, serta pela­yanan ad­vokasi bagi para pelaku usaha untuk pasar ASEAN, dimana tu­ju­an­nya adalah agar pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing dan mening­katkan ekspor ke pasar ASEAN maupun ke mitra dagang ASEAN.

Selain itu, AEC Center juga akan memberikan co­aching clinics kepada pe­laku usaha tentang peluang eks­por produk-produk ung­­gu­lan dan produk po­tensial, serta informasi yang lengkap mengenai semua prosedur kegiatan ekspor ke pasar ASEAN dan semua Mitra Dagang ASEAN.

“AEC Center diharapkan bisa menjadi portal semua informasi yang berkaitan dengan MEA. Masyarakat dan para pemangku kepen­tingan, serta pelaku usaha dapat memanfaatkan AEC Center dengan sebaik-baik­nya untuk mendapatkan se­gala informasi terkait ME­A,” ujar Bachrul.

Dalam kesempatan ter­se­but, Thomas juga melun­curkan dan meresmikan mobile magic box MEA. Mobile magic box tersebut akan melakukan roadshow, berkeliling ke Jakarta, Bo­gor, Depok, Tangerang, Be­kasi, dan Bandung selama 30 hari ke depan. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]