PDAM Sebarkan 10 Unit Terminal Air Bersih


Senin, 28 September 2015 - 20:10:12 WIB

“Selain pendistribusian air melalui dua unit mobil tengki PDAM, saat ini kita juga akan menyebarkan 10 unit terminal air bersih ber­kapasitas 2000 liter (bak penampungan, red) di beberapa titik kawasan rawan kekeringan di Padang Panjang. Daerah rawan kekeringan itu diantaranya Kelurahan Kampung Manggis, Tanah Hitam, Tanah Pak Lambik dan Kelurahan Ekor Lubuk. Selain itu kita juga telah menerima bantuan satu unit mobil PDAM dari pemerintah yang langsung dioperasikan untuk men­distri­busikan air,” sebut Erizal kepada Haluan Senin (28/9).

Tekait turunnya debit air bersih PDAM Padang Panjang, sebelumnya Kepala Bidang Teknik PDAM Padang Panjang, Rinaldi men­yam­paikan, terkait terkendala pendistribusian air PDAM Padang Panjang, disebabkan oleh faktor alam. Dimana kondisi kemarau telah menyusut­kan debit air di beberapa sumber mata air yang terdapat di daerah itu.

“Selama dua bulan bekangan ini, kita menga­lami penurunan debit mata air sehingga pen­distri­busian air kepada pelangga harus terkendala. Saat ini kita masih berupaya semaksimal mungkin untuk mendistribusikan air melalui unit mobil tangki PDAM,” jelas Rinaldi yang didamping Kabag Humas Setdako Padang Panjang, Ampera Salim.

Dikatakannnya, terkendalanya pen­distri­busian air terhadap 7 ribu pelanggan PDAM Padang Panjang, antara lain diakibatkan oleh faktor alam (kemarau, red).

“Menyikapi persoalan itu, kami tengah mela­kukan pembenahan bak penampungan di be­berapa lokasi sumber mata air yang ada. Selain itu, kita juga berupaya untuk menambah sumber air bersih agar kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Kita belum bisa mengatakan kapan kemarau ini akan berakhir, untuk itu akan mengajukan kepada pemerintah untuk bak penampungan di setiap kelurahan, minimal dua unit bak penampungan,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini ada 3.000 pelanggan yang berada pada daerah rawan ke­keringan yakni daerah Sungai Andok, Kelurahan Kampung Manggis, Padang Panjang Barat, hingga saat ini masih dilanda krisis air bersih.

PDAM, pungkas Rinaldi, terus berupaya memaksimalkan pendistribusian air setiap harinya dengan unit tengki PDAM. Selain itu juga me­nam­bah jam operasional anggota dalam melayani masyarakat. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:27:10 WIB

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga PDAM Padang Pariaman turut berpartisipasi mendukung pemerintah membantu masyarakat yang terdampak virus Corona. Partisipasi itu dalam bentuk pemberian bantuan paket bahan pokok kebutuhan dasar masyarakat berupa beras, minyak.
  • Selasa, 14 April 2020 - 10:54:04 WIB

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasaman, Ahmad Subur menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggannya, terkait kualitas air yang keruh sejak beberapa hari terakhir. .
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 16:58:38 WIB

    PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan

    PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Butuh Rp25 miliar bagi pemerintah Kota Sawahlunto, untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang tengah tejadi Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat..
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 15:19:15 WIB

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --Segudang persoalan dalam tubuh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pasaman menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan oleh direktur baru di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. .
  • Kamis, 28 November 2019 - 15:53:57 WIB

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto mendapatkan suntikan anggaran dalam APBD Kota Sawahlunto 2020, berupa penyertaan modal sebesar Rp250 juta, yang ditujukan untuk pembelian trav.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]