KPU Sumbar Lakukan Koordinasi dengan KPU RI


Senin, 28 September 2015 - 20:16:23 WIB

“Pada ketentuan yang ada di peraturan kampanye, KPU memang memfasilitasi APK namun tidak ada yang berhubungan dengan hal-hal APK yang rusak atau yang tidak bisa terpakai. Apakah bisa diganti atau tidak hal ini belum ada petunjuknya. Hal itu, secepatnya akan dikomunikasikan oleh sekretaris,” ujarnya.

Amnasmen mengakui, untuk laporan secara formal dari kabupaten kota terhadap kerusakan atau kehilangan APK memang belum ada, namun demikian ia akan tetap melakukan evaluasi terhadap kejadian di lapangan. Apakah memang konstruksinya kurang bagus, apakah pengaruh cuaca yang beberapa hari ini tidak bagus atau ada hal-hal lainnya.

“Kami sudah mengagendakan nanti untuk menindaklanjutinya. Mungkin ming­gu depan sudah kita tindaklanjuti. Untuk daerah yang saya terima informasi APK yang rusak kira-kira ada di lima daerah salah satunya Pasaman, Kota Solok, dan Padang karena kurang berkenannya tempat pe­masangan APK,” urai Amnasmen.

Ia juga mengaku, karena pengawasan APK ini hal yang baru bagi KPU, hal ini akan merepotkan KPU hingga masa kam­panye berakhir. Namun demikian, pihaknya berusaha semaksimal mungkin dalam memperbaikinya, dan apapun itu persoalan yang ada di lapangan ia berjanji akan memperbaikinya dengan sepenuh hati.

“Tadi kami sudah membahas bersama komisioner yang lainnya, apakah APK yang rusak atau hilang di lapangan tersebut bisa diganti. Karena ini adalah persoalan ba­gaimana tanggungjawab KPU dalam mem­belajakan uang negara, hal ini yang akan dikonfirmasi oleh sekretaris pada KPPU RI apakah kita akan menambah APK,” jelasnya.

Menurutnya, jika memang akan di­lakukan penambahan APK maka akan ada proses administrasi terhadap APK yang rusak di lapangan harus dipenuhi terlebih dahulu. Misalnya, APK yang rusak dan hilang harus ada berita acaranya terkait permasalahan ini karena itu salah satu alasan untuk pengadaan APK yang baru.

“Tapi kita tetap melakukan tujuan-tujuan kampanye terhadap paslon supaya diketahui oleh masyarakat. Strategi-strategi sosialisasi juga kami siapkan untuk me­nutupi kurang maksimalnya kampanye paslon karena alasan regulasi,” ulasnya.

Hal tersebut akan dimaksimalkan dengan bekerjasama dengan beberapa pihak seperti  pengamen yang ada di Sumbar, forum editor, kunjungan ke perguruan tinggi dan sekolah. Kemudian KPU juga akan mendorong pemerintah agar masjid-masjid menyuarakan pilkada serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 mendatang. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:09:43 WIB

    Pemilih Disabilitas Keluhkan Sosialisasi KPU

    Pemilih Disabilitas Keluhkan Sosialisasi KPU PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kelompok disabilitas menilai minimnya sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat partisipasi pemilih disabilitas rendah. Sosialisasi yang diberikan kepada penyandang disabilitas juga dib.
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 11:10:40 WIB

    Rekap Suara KPU, Mahyeldi-Hendri Menang Telak di Pilkada Kota Padang

    Rekap Suara KPU, Mahyeldi-Hendri Menang Telak di Pilkada Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM –Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Padang yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (4/7), menetapkan Mahyeldi - Hendri Septa mendapatkan suara 212,526 atau 62,92 persen..
  • Kamis, 28 April 2016 - 04:38:37 WIB
    12 Ribu KTA Sudah Didistribusikan

    Perindo Siap Diverifikasi KPU

    PADANG, HALUAN — Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Indonesia (DPW Perindo) Sumbar, siap mengikuti verifikasi faktual yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu, juga mengkla.
  • Kamis, 07 April 2016 - 03:31:05 WIB
    Pilkada Jilid II

    Pemprov Sumbar Tunggu Arahan Mendagri dan KPU

    PADANG, HALUAN — Hingga saat ini belum ada keputusan dari Kemendagri dan KPU kabupaten/kota mana saja yang akan menjadi peserta Pilkada serentak gelombang kedua yang dilaksanakan pada 2017. .
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:58:18 WIB
    Pilkada Payakumbuh dan Mentawai

    KPU Singkronkan Kebutuhan Anggaran

    PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Tim TAPD Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Mentawai, hingga kini masih men­sing­kron­kan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan pilkada di kedua daerah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]