Jemaah Haji Sumbar Pulang


Senin, 28 September 2015 - 20:31:34 WIB

“Jemaah kloter satu ber­jum­lah 455 orang akan men­darat di BIM sekitar pukul 14.40 WIB menggunakan Garuda GA3401. Setelah sampai di BIM langsung dilakukan proses admini­s­trasi passport, dan menuju ke asrama haji Tabing pada pukul 16.00 WIB. Sesampai di asrama sekitar pukul 17.00 WIB langsung dilak­sa­nakan penyerahan jemaah dari PPIH kepada peme­rintah daerah, untuk kloter pertama yang berasal dari Kota Padang, jemaah dise­rah­kan kepada Pemerintah Kota Padang,” terang Damri.

Sebelum diterbangkan dari Jeddah menuju Padang, imbuh Damri, seluruh jemaah akan diperiksa kembali kondisi kesehatannya, hingga detik-detik terakhir kepulangan. Bagi mas­yarakat yang dinyatakan tidak siap secara fisik dan mental untuk terbang, maka kepulangannya diundur ke jadwal kloter-kloter selanjutnya.

“Hingga saat ini masih ada tiga jemaah asal Debarkasi Pa­dang yang sakit, tapi bukan dari kloter pertama. Dua di antaranya berasal dari Kabupaten Solok, sedangkan satu jemaah lainnya berasal dari Bukittinggi. Kondisi kesehatannya akan terus dicek hingga diputuskan saat jadwal kepulangan ketiganya tiba. Se­dang­kan satu jemaah yang sempat tersesat dan terpisah dari rom­bongan, telah kembali dalam keadaan selamat,” lanjutnya lagi.

Dari Jeddah, berdasarkan informasi dari pendamping jema­ah haji Sumbar, diberitakan bah­wa jemaah kloter satu Debarkasi Padang tengah bersiap-siap men­jelang kepulangan mereka ke Sumbar. Masing-masing jemaah juga akan dibekali air zam-zam dalam jumlah yang sama, yaitu sebanyak lima liter per jemaah.

“Soal air zam-zam sudah di­urus oleh panitia, total 4.937 jeriken air zam-zam sudah siap untuk dibagikan pada jemaah Em­barkasi Padang, melalui ke­men­terian agama kabupaten/kota ma­sing-masing, jadi jemaah ja­ngan khawatir. Kami berharap agar jemaah tidak memasukkan air zam-zam ke dalam koper, atau di tempat-tempat lainnya, karena dapat me­nimbulkan masalah di bandara nantinya,” jelasnya Hami Mulyawan, salah satu petugas haji non-kloter Debarkasi Padang kepada Haluan via pesan Whatsapp.

Enam Jemaah Meninggal

Tercatat hingga saat ini, enam jemaah haji asal Sumbar me­ninggal di Tanah Suci saat men­jalankan ibadah haji. Lima jemaah dinyatakan meninggal karena sakit, yaitu Azwardy Bin Ilyas (64), Ermalini Jahar (67), Suher­man Agus bin Agus (63), Daris­man Maksib (48) dan Fahmi Muhammad Ihsan (75). Se­dang­kan satu jemaah lain bernama Nurhayati Rasad Usman (65) meninggal karena tertimpa crane.

Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sumbar Efrizal di Padang menga­takan, seluruh jemaah yang wafat di tanah suci langsung diseleng­garakan pemakamannya di tem­pat pemakaman umum jemaah haji, yang disediakan oleh peme­rintah Arab Saudi. Selain itu, pemerintah Indonesia juga juga akan menyerahkan asuransi kepa­da keluarga yang ditinggalkan sejumlah Rp30 juta.

Dalam penyelenggaraan iba­dah haji tahun ini, total jemaah haji yang berangkat melalui Em­barkasi Padang berjumlah 4.945 yang terbagi ke dalam 11 kloter, 3.599 jemaah berasal dari Sum­bar, 1.292 jemaah berasal dari Bengkulu sebagai peserta embar­kasi antara, dan didampingi oleh 55 orang petugas haji.

Selanjutnya, 455 jemaah klo­ter dua Embarkasi Padang dijad­walkan pulang pada Kamis (1/10) menggunakan Garuda GA3402, mendarat di BIM pukul 05.35 WIB dan masuk ke Debarkasi Padang pukul 08.10 WIB untuk kegiatan penyerahan jemaah. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:20:37 WIB

    Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini

    Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini HARIANHALUAN.COM -- Jemaah Tarekat Naqsabandiyah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriyah pada hari ini Sabtu (23/5/2020). Sejak pagi, jemaah tampak sudah berdatangan ke Surau Baru, Jalan Dr. Moh Hatta, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, .
  • Selasa, 28 November 2017 - 02:17:50 WIB
    RESES DI MASJID NURUL IMAN AUR DURI

    Jemaah Minta Sarana Mobiler MDA

    Jemaah Minta Sarana Mobiler MDA PADANG, HALUAN--Jamaaah Mesjid Nurul Iman Aur Duri mengharapkan, sarana mobiler MDA berupa bangku dan meja..
  • Rabu, 04 November 2015 - 19:13:54 WIB

    Dua Jemaah Sumbar Belum Dibolehkan Pulang

    SEBULAN LEBIH DIRAWAT

    PADANG, HALUAN — Mes­­kipun kepulangan Ke­lom­pok Terbang (Kloter) terakhir jemaah haji Indo­nesia telah berakhir pada 24 Ok.

  • Jumat, 25 September 2015 - 19:04:40 WIB

    Jemaah Haji Sumbar Sudah Selesai Melontar Jumrah

    SAAT TRAGEDI MINA

    PADANG, HALUAN — Saat terjadi tragedi Mina yang merenggut nyawa 717 orang jemaah haji, Kamis (24/9) lalu, jemaah haji asal Sumbar sudah selesai melontar jumrah..

  • Senin, 15 Juni 2015 - 19:30:03 WIB

    Jemaah Naqsabandiyah Hari Ini Mulai Puasa

    PADANG, HALUAN — Seperti tahun-tahun se­belumnya, jemaah Tareqat Naqsabandiyah akan mengawali ibadah Ramadan lebih dahulu dibanding umat Islam lainnya. Setelah melakukan berbagai pendekatan keilmuan dal.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]