Penyaluran Kredit Perbankan Melambat


Selasa, 29 September 2015 - 19:21:43 WIB

Menurut dia berdasar­kan jenis penggunaan, per­lambatan kredit tersebut terjadi pada kredit produktif seperti kredit investasi yang turun dari 23,6 persen pada triwulan I menjadi 23,0 persen pada triwulan II. “ Sementara perlambatan kre­­dit modal kerja dari 11,7 persen turun menjadi 9,0 persen,” kata dia.

Pada sisi lain ia melihat di tengah perlambatan eko­nomi dan melemahnya nilai tukar rupiah, sejumlah pe­ngusaha menahan pengem­bangan usahanya terutama dalam bentuk investasi.

Namun, perlambatan kre­dit sedikit tertahan aki­bat pertumbuhan kredit kon­sumsi yang meningkat dari 11,9 persen menjadi 13,3 persen, didorong meningkatnya kon­sumsi masyarakat selama Ra­ma­dhan dan menjelang Idul Fitri, lanjut dia.

Puji menyampaikan me­li­hat pangsa pasar, pertum­buhan kredit perbankan Sumbar dipengaruhi oleh pergerakan kredit konsumsi mengingat porsi kredit ter­sebut yang sangat tinggi mencapai 43,9 persen dari total kredit.

Sedangkan total kredit produktif seperti investasi dan modal kerja hanya se­kitar 56,1 persen, pangsa pasarnya di Sumbar relatif kecil dibandingkan mayo­ritas provinsi di Sumatera yang mencapai lebih dari 70 persen, lanjut dia .

Hal ini mengin­dika­si­kan bahwa peran kredit da­lam mendukung investasi dan percepatan pertum­bu­han ekonomi di Sumbar masih relatif terbatas, ujar­nya.

Anggota Komisi III DP­RD Sumbar Afrizal me­nyam­paikan pemerintah telah mendirikan lembaga penjamin kredit daerah (Jam­krida) sebagai instansi yang menjamin kredit bagi usaha kecil dan menengah yang mengajukan pinjaman modal ke bank.

“Kami akan terus me­lakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja PT Jamkrida Sumbar,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan pen­dirian PT Jamkrida untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan ak­ses kredit dari perbankan.

Selama masyarakat terse­but potensial dan prospek usahanya baik, tidak ada alasan untuk tidak memberi pinjaman, kata dia. (h/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Agustus 2017 - 10:41:19 WIB

    Perbatasan di Sumbar Jadi Sasaran Penyaluran Narkoba

    Perbatasan di Sumbar Jadi Sasaran Penyaluran Narkoba PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Kumbul Kusdwijanto Sudjadi menyebut bahwa kawasan perbatasan kerap dijadikan lokasi transit dan peredaran barang haram narkoba untuk kemudian disalurkan.
  • Senin, 28 September 2015 - 20:03:59 WIB

    Penyaluran KUR BRI Capai Rp2,1 Triliun

    JAKARTA, HALUAN — PT Bank Rakyat Indonesia (Per­sero) Tbk telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat atau KUR (realisasi kumulatif) sebesar Rp2,1 triliun kepada lebih dari 153 ribu pelaku UMKM di seluruh pel.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]