KBU Harryanda Nekat Beroperasi


Selasa, 29 September 2015 - 19:26:02 WIB

Dr. Harry Suryana SP.OG, sebagai pemilik kli­nik­ tersebut saat dimintai kofirmasinya, Senin (29/9) lalu, mengatakan bahwa memang benar itu ada­lah kliniknya yang baru dibuka tanggal 25 Sep­tember 2015 dan baru beroperasi selama be­be­ra­pa hari. “Memang benar itu klinik saya,” ucap­nya.

Saat ditanya mengenai izin oprasional klinik, Dr.Harry Suryana mengatakan bahwa permo­honan izin untuk penerbitan izin sudah diajukan tiga bulan belakangan, namun sampai saat ini belum diterbitkan oleh instansi terkait.

“Surat pengurusan izin sudah kita ajukan ke kantor LH-BPMPT Sijunjung, namun sampai saat ini belum keluar, diproses sih diproses, cuman tidak digubris,” ujarnya.

Meskipun belum keluar izinnya, Dr.Harry mengklaim bahwa sesuai dengan Permenkes No 56 tahun 2014 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit pasal 68 ayat 7, bahwa apabila pemberi izin tidak menerbitkan izin mendirikan atau tidak menolak permohonan hingga ber­akhirnya batas waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan ayat (4), permohonan izin mendirikan dianggap diterima.

“Semua persyaratan sudah kita ajukan ke pihak perizinan, bahkan dokumen lingkungan seperti IPAL dan lainnya. Namun tidak ada kepastian ditolak atau disetujui, dan menurut Permenkes No 56 ayat 7, maka permohonan izin dianggap diterima, sementara untuk izin bangu­nan kita telah mendapatkan rekomendasi dari Bappeda dan PU Sijunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hi­dup, Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu (BLH PMPT) Kabupaten Sijunjung, Syukri me­nga­takan, bahwa pihaknya hanya melayani ma­sa­lah perizinan saja, dan untuk izin ope­rasionalnya ten­tu dari SKPD teknis yaitu Dinas Kesehatan. Me­nurutnya, permohonan izin pertama yang di­ajukan pemilik Klinik Bersalin Utama Harry­anda kepada BPM PT, hanyalah untuk izin bangunan, gangguan dan lingkungan, dan sudah diproses sesuai dengn SOP (Standard Operation Pro­ce­dure), serta melakukan penge­cekan kela­pangan oleh tim baik PU maupun SKPD terkait.

Di lain pihak, Kepala Dinkes Sijunjung dr. Edwin Suprayogi mengatakan bahwa pihaknya saat ini belum mengeluarkan izin operasional kepada Klinik Bersalin Utama Harryanda dikarenakan izin prinsip dari kepala daerah atau bupati belum turun kepada badan perizinan, yang kemudian diajukan ke Dinas Kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi izin operasional klinik tersebut.

Edwin juga menegaskan, selama izin opera­sional belum dikeluarkan, pihak Klinik belum bisa melakukan pelayanan medik dalam bentuk apapun. “Semisal kalau naik sepeda motor tidak memiliki surat yang lengkap, ya, tidak boleh jalan. Kalau tetap jalan dan ketahuan, ya ditilang, “ terang Edwin mencontohkan.

Pihaknya juga mengaku akan membicarakan masalah tersebut dengan pihak terkait, dan jika seandainya terbukti klinik tersebut menyalahi aturan, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas, sebab jika suatu saat nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya masyarakat yang akan menjadi korbannya.

“Jika klinik tersebut terbukti beroperasi tanpa mengantongi izin, maka itu sudah melanggar UU praktek kedokteran, Permenkes No 5 tahun 2014 tentang rumah sakit dan Permenkes No 9 tentang klinik,” tegasnya. (h/ogi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 14:59:47 WIB

    ATSI Tanda Tangani Kerja Sama dengan Kemendikbud

    ATSI Tanda Tangani Kerja Sama dengan Kemendikbud HARIANHALUAN.COM – Operator telekomunikasi seluler yang tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) sepenuhnya mendukung kebijakan Pemerintah RI melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudaya.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 09:39:32 WIB

    Inovasi Disdikbud Agam, Kurangi Tatap Muka Segala Administrasi Dilakukan Online

    Inovasi Disdikbud Agam, Kurangi Tatap Muka Segala Administrasi Dilakukan Online HARIANHALUAN.COM -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam melakukan beberapa inovasi terkait pelayanan administrasi kepegawaian dan keuangan..
  • Rabu, 18 Oktober 2017 - 12:51:59 WIB

    Khusus Pelamar Kemendikbud untuk Sumbar, SKD CPNS Digelar di Makorem

    Khusus Pelamar Kemendikbud untuk Sumbar, SKD CPNS Digelar di Makorem PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS Kementerian Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi diumumkan. SKD diselenggarakan mulai 18 Oktober hingga 29 Oktober. Khusus Sumb.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:25:23 WIB

    Satdik SKB Pasaman Dikunjungi Direktur Kemendikbud RI

    Satdik SKB Pasaman Dikunjungi Direktur Kemendikbud RI Pasaman, Haluan — Direktur Pendidikan Keak­saraan dan Kesetaraan Ke­men­dikbud RI Dr. Erman Syamsudin meminta pelak­sanaan pembangunan gedung Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar tepat waktu dan se­sua.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:29:19 WIB

    Riza Falepi Terima Penghargaan Mendikbud

    Riza Falepi Terima Penghargaan Mendikbud PAYAKUMBUH, HALUAN — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy memberikan penghargaan Kawastara Pawitra untuk Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, karena dinilai sebagai kepala daerah yang memiliki integritas d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]