Sertijab Sekretaris KPU Pasaman Batal Dilaksanakan


Selasa, 29 September 2015 - 19:27:26 WIB

Kenyataan itu tidak serta merta diterima oleh Gustian. Pada acara serah terima jabatan (sertijab) yang digelar Selasa (29/9), Gustian mencurahkan semua keluhannya di depan publik.

Gustian mempertanyakan SK pember­hentian dirinya tersebut, karena pada SK tersebut terdapat kesalahan penanggalan, yaitu penanggalan pemeriksaan inspektorat KPU pusat yang tertulis dalam SK adalah 24 September 2015, seharusnya 24 Agustus 2015. Kesalahan ini dinilai Gustian cacat hukum. Karena alasan-alasan itupula, serah terima jabatan gagal dilaksanakan.

”Saya mempertanyakan, surat peme­riksaan inspektorat tanggal 24 September yang menjadi landasan untuk mengeluarkan SK pemberhentian. Sementara, SK pember­hentian dikeluarkan 9 September 2015. Itu ibarat anak gadis, sudah punya anak namun belum pernah menikah,” kata Gustian.

Meski demikian, Gustian mengaku mau menandatangani berita acara serah terima jabatan kalau SK tersebut telah diperbaiki.

“Selaku PNS yang baik, saya taat hu­kum. Saya akan terima pemberhentian saya,” kata Gustian.

Gustian tidak terima dirinya diber­hentikan tanpa sebab. Menurutnya, kalau memang hasil pemeriksaan inspektorat KPU, apa kesalahannya sehingga mendapat sanksi pembebasan tugas.

“SK pemberhentian ini juga tidak sesuai PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” sebutnya.

Gustian dengan mata berkaca-kaca me­nyam­paikan kepada sejumlah awak media, ia berniat melakukan upaya hukum, termasuk mengadukan ke PTUN.

“Pemberhentian di masa ini, jelas men­zalimi saya, satu tahun ke depan saya harus non job. Saya punya keluarga yang harus ditanggung setiap hari. Sampai saat ini, saya belum memberikan penjelasan kepada ke­luarga saya, bahwa saya sudah di­ber­hen­tikan,” jelasnya.

Ia mengaku, tidak pernah melihat hasil LHP Inspektorat KPU dan tidak pernah menandatangani hasil pemeriksaan tersebut.

“Kalau saya melihat, pemberhentian saya ini tidak ada unsur politiknya, karena saya adalah PNS,” terangnya.

Kegiatan serah terima yang dihadiri Plt Se­kre­taris KPU Provinsi Sumbar Harlis dan Ka­bag SDM dan Kepegawaian KPU Provinsi Sum­bar Firman, dihadiri oleh Ketua KPU Pa­saman Jajang, dan sejumlah komisioner. Har­lis menjelaskan, memang terdapat kesa­la­han redaksional SK pemberhentian, yaitu me­nge­nai penanggalan. Kini, SK itu sudah dive­rifikasi ke Setjen KPU Pusat untuk diperbaiki.

”Tentu saja Sekjen KPU itu memiliki dasar kuat untuk pemberhentian tersebut, tujuan KPU pusat itu kan supaya pilkada Pasaman berjalan sukses,” tutupnya. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 05 September 2020 - 20:42:52 WIB

    Prosesi Pedang Pora Tandai Sertijab Kapolres Pessel yang Baru

    Prosesi Pedang Pora Tandai Sertijab Kapolres Pessel yang Baru HARIANHALUAN.COM - Polres Pesisir Selatan mengelar kegiatan serah terima jabatan (sertijab) dari AKBP Cepi Noval SIK kepada pejabat baru, AKBP Sri Wibowo SIK di ruang Polres Pessel, Sabtu (5/9)..
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:51:53 WIB

    Polres Tanah Datar Gelar Sertijab Dua Pejabat Utama

    Polres Tanah Datar Gelar Sertijab Dua Pejabat Utama HARIANHALUAN.COM - Polres Tanah Datar pagi ini menggelar serah terima jabatan (sertijab) dua orang pejabat utama, yaitu Kepala Satuan Lalu Lintas dari Kasat Lantas sebelumnya AKP Fitri Dewi Utami, SIK kepada Iptu M Nasir dan .
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 20:28:27 WIB

    Kapolres Pessel Cepi Noval Pimpin Sertijab Kasat Lantas

    Kapolres Pessel Cepi Noval Pimpin Sertijab Kasat Lantas HARIANHALUAN.COM - Kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) Kasat Lantas Polres Pesisir Selatan dari Iptu Yuliadi kepada Iptu Hendrianto dipimpin Inspektur Upacara Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval, di lobi Mapolres Pe.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 16:57:51 WIB

    Kasat Reskrim Polres 50 Kota Disertijab

    Kasat Reskrim Polres 50 Kota Disertijab LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dua tahun enam bulan sudah Ajun Komisaris Polisi Anton Luter sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal Polisi Resor Limapuluh Kota. Selama itu, perwira menengah tersebut terbilang sukses meneka.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 17:39:03 WIB

    Polres Sijunjung Gelar Sertijab Empat Kapolsek

    Polres Sijunjung Gelar Sertijab Empat Kapolsek SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Sijunjung AKBP Driharto SIK memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) empat Kapolsek di lingkup Polres Sijunjung, Senin (9/3), di halaman Mapolres Sijunjung..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]