Dinas PU Tak Optimal Awasi Betonisasi Jalan


Selasa, 29 September 2015 - 19:37:12 WIB

Meski Pemko Padang mengatakan selalu me­nga­wasi pra dan pasca be­tonisasi jalan, namun kenya­taan di lapangan masih banyak jalan yang ber­lubang di pemu­kiman ma­syarakat dan hasil pembe­tonan yang kurang bagus.

“Betonisasi ini kalau bisa jangan asal beton saja. Harus dilihat jalan tersebut apakah ada genangan air atau drai­nase yang tidak baik. Seperti di jalan ke Aia Pacah sebe­lum kampus Bung Hatta, baru sebulan diperbaiki sudah berlubang lagi karena ada genangan air yang dibiar­kan saja,” kata Putra warga Aia Pacah.

Ia meminta pemko harus menuntaskan betonisasi de­ngan serius. Jangan hanya mengejar target saja sehingga kualitas jalan yang dibeton juga tidak maksimal.

Akmal, warga Tabing, juga meminta pemko untuk mengerjakan proyek jalan lingkung dengan sungguh-sungguh. Kalau bisa, jangan hanya hitungan bulan jalan sudah rusak. “Proyek asal-asal itu juga tidak maksimal. Lihat saja jalan yang sudah diperbaiki rusak lagi dalam waktu dekat,” paparnya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang Hen­dri Zulviton mengakui, me­mang masih ada beberapa titik yang belum dibeto­nisasi. Namun demikian menurutnya Pemko sudah melakukan banyak beto­nisasi di Padang.

Pada tahun 2014 PU menganggarkan Rp 47,37 miliar untuk betonisasi jalan sepanjang 55,69 km, se­men­tara tahun 2015 PU kembali menganggarkan dana beto­nisasi melalui dana APBD dan Rp 88,25 miliar yang digunakan untuk betonisasi jalan se­pan­jang 97,5 km.

“Memang belum seluruh jalan di Padang yang dibe­tonisasi, masih ada beberapa lokasi yang belum. Dan untuk menuntaskan betoni­sasi di Padang tahun 2016 akan dianggarkan lagi sam­pai betonisasi tuntas pada tahun 2017,” terangnya.

Menanggapi masih ada­nya jalan lingkungan yang belum dibetonisasi, Hendri Zulviton mengakui memang masih ada beberapa titik yang belum dibetonisasi. Namun demikian menu­rutnya, Pemko sudah mela­kukan banyak betonisasi di Padang. Jalan-jalan yang sudah dibetonisasi itu selalu di awasi.

Terkait dengan peng­aspalan jalan-jalan menu­rutnya itu dilihat dari jalan mana yang dibeton. Kalau jalan tersebut merupakan jalan provinsi biasanya yang mengerjakan pihak provinsi dan anggaran nasional.

“Seperti jalan di Tabing itu program nasional dan pengawasannya terletak di provinsi. Misalnya jalan itu belum bagus peng­aspa­lan­nya, itu pengawasan di pro­vin­si. Namun, keluhan ma­sya­rakat bisa disampaikan ke kita nanti kita koor­dinasikan dengan provinsi. Lagi pula kalau peng­aspa­lan biasanya dikerjakan dengan maksimal, apalagi di jalan-jalan utama. Sete­lah ang­garan 2016 tersedia kami akan mengutamakan di dae­rah-daerah yang me­mang kondisi jalannya cu­kup pa­rah. Nanti akan ada kajian lagi,” paparnya lagi. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]