Batalkan Pengadaan Kasur DPR Rp12 Miliar


Selasa, 29 September 2015 - 19:39:24 WIB

“Tender itu bisa jadi jebakan untuk menghindari pembatalan tersebut. Nah, kita akan lihat sejauh mana DPR memperlihatkan komitmen sesuai dengan pernyataan pe­nolakan selama ini,” katanya.

Dia menilai, tidak ada keseriusan dari angggota DPR untuk lebih berhemat.

“Saya kira memang sulit dibatalkan karena anggota DPR sendiri tidak serius melakukan penolakan. Banyak Fraksi yang nampak menolak tapi saat proses pembahasan di DPR tak mengambil sikapi tegas,” katanya.

Dengan ini, lanjutnya, rakyat bisa melihat prilaku anggota DPR sesungguhnya. Ada yang seolah-olah pro rakyat di media, tetapi melempem di dalam rapat pengambilan keputusan di DPR. Dia juga mengatakan, bahwa banyak anggota DPR justru tidak menempati rumah dinasnya.

“Dengan demikian sebenarnya peng­gantian kasur tidak semuanya diperlukan, hanya pemborosan anggaran saja,” katanya.

Dia menyayangkan peran Sekjen DPR yang kerap menggerus citra DPR. Sebagai kuasa pengguna anggaran, Sekjen DPR kadang tak mampu dikontrol oleh DPR.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi merasa kecewa, setelah mengetahui proyek pengadaan kasur baru sebesar Rp 12,45 miliar untuk para anggota DPR terus dijalankan. Banyak sudah proyek-proyek di DPR menjadi polemik di masyarakat yang terkesan bermewah-mewahan.

“DPR itu selalu keras kepala, dan ngotot untuk belanja uang pajak rakyat. Sudah dibilangi, untuk dibatalkan kasur karena tidak adanya penting buat DPR,” kata Uchok.Prilaku ini, katanya, akan membuat rakyat atau publik tambah marah kepada DPR.

“ Kalau rakyat udah marah, itu DPR tidak lagi dipercaya karena tidak mau dengar apa kata rakyat,” ujarnya.

Menurut aktivis antikorupsi itu, pengadaan kasur tersebut sebenarnya tak perlu dilakukan. Oleh karena itu, ia tak sungkan menyebut para anggota DPR di masa kepemimpinan Setya Novanto ini mendapat banyak kemewahan.

Seperti diketahui, DPR merencanakan pengadaan kasur di rumah dinas jabatan anggota (RJA) di kompleks Ulujami, Kalibata Jakarta Selatan dan Wisma Graha Sabha Puncak, Jawa Barat. Anggarannya mencapai Rp12,45 milliar. Pelaksanaan tender sudah dilakukan. (h/trn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 September 2018 - 15:06:35 WIB

    Tidak Serahkan LADK, KPU: Parpol Dibatalkan Ikut Pemilu

    Tidak Serahkan LADK, KPU: Parpol Dibatalkan Ikut Pemilu PADANG,HARIANHALUAN.COM --Komisi Pemilihan Umum  (KPU ) Sumbar menegaskan, bagi peserta pemilu (Partai politik) yang tidak menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye  (LADK) rekening khusus dana kampanye akan dibatalkan sebagai.
  • Kamis, 05 Oktober 2017 - 12:35:58 WIB

    Dilarang Sang Ibu, Anggota DPRD Sumbar Batalkan Pelesir ke Eropa

    Dilarang Sang Ibu, Anggota DPRD Sumbar Batalkan Pelesir ke Eropa Bagi Hidayat, sang ibu adalah puncak kehormatan. Sebab itu dia undur diri dari rangkaian kunjungan ke tiga benua, yang dilakulan DPRD Sumbar secara bertahap. Walau sudah jadi orang besar. Wakil rakyat yang punya kuasa dan ber.
  • Rabu, 04 November 2015 - 19:18:29 WIB

    692 Penerbangan Dibatalkan

    ERUPSI ANAK GUNUNG RINJANI

    JAKARTA, HALUAN — Total 692 pe­ner­bangan dibatalkan sejak Selasa (3/11) hingga Kamis (5/11) pukul 08.45 WITA baik pener­bangan domestik maupun internasional akibat .

  • Rabu, 15 April 2015 - 19:11:06 WIB

    Usulan Polisi Parlemen Agar Dibatalkan

    JAKARTA, HALUAN — Mun­cul wacana susunan peraturan soal parliamentary police atau polisi parlemen. Adanya polisi parlemen ini dianggap bisa memperlebar jarak antara wa­kil rakyat dengan pihak yang diwa.

  • Jumat, 03 April 2015 - 19:51:24 WIB

    JK Batalkan Proyek Pelabuhan Cilamaya

    JAKARTA, HALUAN — Ren­cana pemerintah untuk mem­bangun Pelabuhan di Cila­maya, Karawang, Jawa Barat dibatalkan. Dalam kun­ju­ngannya ke Cilamaya, Ka­mis (2/4), Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]