Kabut Asap, Pemkab Dharmasraya Liburkan Pelajar


Selasa, 29 September 2015 - 19:42:38 WIB

Sutadi juga mengatakan, hingga saat ini anak-anak sekolah harus tetap berada di dalam rumah. Ia menganjurkan para pelajar untuk tetap belajar sendiri di rumah, dengan cara mengulang-ulang pelajaran yang telah diajar gurunya di sekolah masing-masing.

“Orang tua hendaknya memperhatikan cara belajar anak-anak di rumah,”ajaknya  seraya mengimbau pelajar juga banyak mengonsumsi air putih untuk mengurangi dampak kabut asap yang belum teratasi.

Berbeda dengan pelajar, majelis guru maupun pegawai Tata Usaha (TU) tak diberi dispensasi libur karena mereka tetap masuk sekolah seperti biasanya untuk mempersiapkan pembelajaran dan admi­nistrasi sekolah.

Selain itu, kepada majelis guru untuk bisa memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada anak didiknya selama libur karena kabut asap yang sangat membahayakan kesehatan ini.

“Pihak pemerintah Kabupaten Dhar­maraya akan mengupayakan mengurangi kabut asap yang ada, dengan cara memadam kalau ada titik-titik api yang menimbulkan asap tebal di Kabupaten Dharmasraya,”kata Sutadi.

Secara terpisah, kepala Badan Pen­ang­gulangan Bencana Daerah (BPBD), Suw­andi, mengatakan, kabut tebal yang me­nyelimuti Dharmasraya pada saat ini, sepertinya kabut asap kiriman dari provinsi Riau dan semakin hari semakin tebal, sehingga jarak pandang berkurang.

Pantauan Haluan di lapangan hampir seluruh wilayah Dharmasraya diselemuti kabut asap dan jarak pandangpun ber­kurang.

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Dharmasraya, Darisman, S. SI. MM, ketika dihubungi Koran ini, meyebutkan, untuk wilayah Kabupaten Dharmasraya tidak terlihat titik api atau pembakaran lahan.

“Tidak ada pembakaran hutan dan lahan perekebunan di wilayah Dharmasraya ini,”sebut Darisman.

Menurutnya, berkemungkinan kabut asap adalah kiriman dari Provinsi tetangga, dan tidak ada tanda-tanda titik api di wilayah Dharmasraya ini. Jika ada tentunya dinas terkait akan turun ke lapangan untuk mengantisipasinya. (h/mg-bdr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]