TdS Harus Jadi Kebanggaan Ranah Minang


Rabu, 30 September 2015 - 20:56:20 WIB

Gagasan dilaksanakannya se­buah iven yang bertaraf interna­sio­nal di Sumatera Barat, seperti Tour de Singkarak ini, kata Rase­no, adalah karena selama ini belum ada bentuk promosi yang handal dan bersifat internasional di Ranah Minang. Sementara, potensi ranah, baik dalam bentuk obyek wisata alam, budaya dan kuliner sangatlah besar.

Itulah sebabnya, kata dia, Dirjen Pemasaran waktu itu, Pak Sapta Nirwandar yang dibantu oleh dirinya bersama sejumlah pihak, menggagas pelaksanaan Tour de Singkarak yang hingga kini sudah memasuki tahun ketujuh.

”Lepas dari berbagai kekura­ngannya dalam pelaksanaan sela­ma enam tahun ini, Tour de Sing­karak harus bisa kita sukses­kan bersama oleh pemerintah, peme­rintah daerah, media, masyarakat dan para pelaku usaha pariwisata dan olahraga,” kata Raseno kepa­da wartawan di Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan, baik di era Menteri Jero Wacik, Menteri Ma­rie Elka Pangestu, dan Menteri Pariwisata sekarang Arief Yahya, sama-sama mensupport tetap ter­selenggaranya Tour de Sing­karak ini dengan baik dan sukses. “Balap sepeda internasional ini adalah salah satu cara promosi pariwisata yang kita nilai paling efektif  yang bisa kita lakukan untuk ranah,” ujar alumni FE Unand ini.

Raseno menegaskan, TdS sudah memiliki dampak luas bagi daerah, terutama ikut andil dalam recoveri ekonomi pasca gempa bumi 2009. Terjadi pertumbuhan kamar hotel di berbagai daerah, percepatan perbaikan infra­struk­tur jalan dan jembatan di daerah-daerah terdampak bencana, dan terus terkenalnya destinasi Suma­tera Barat di mancanegara.

Menurut dia, bahwa di sana sini masih terjadi kekuarangan pelaksa­naan, itu sangat dimung­kinkan karena baru memasuki tahun ke­tujuh. Tetapi, andilnya sudah sangat kita rasakan. “Keun­tungan dari pelaksanaan iven balap sepeda ini kan pada nilai promosinya. Ada nilai tambah yang tidak bisa kita hitung, tetapi dia ada,” urai Raseno.

Sebagai putra daerah yang sedikit punya peran di peme­rintah pusat, Raseno berharap TdS bisa memberi arti yang lebih besar untuk ranah ini di masa mendatang. Ia terus berupaya agar iven ini terus terselenggara setiap tahunnya.

Bila da pihak yang mengaitkan bahwa jumlah kunjungan wisa­tawan asing ke daerah ini masih di bawah 100 ribu, menurut Raseno tidak bisa langsung dikait­kan dengan tak efektifnya TdS sebagai ajang promosi. Dalam dunia pari­wisata, kita harus mengakui bahnya factor yang harus kita benahi, terutama pe­ning­katan kesadaran masyarakat, kesiapan dan penataan destinasi dan sebagainya. “TdS hanya ba­gian dari promosi pari­wisata. Baru itu yang bisa kami berikan,” ujarnya.

Dia berharap pihak-pihak lain yang punya kepentingan untuk pariwisata untuk berbuat yang sama bagi daerah ini. “Mungkin ada yang bergerak sebagai pelaku, maka siapkan juga industrinya, yang bergerak di bidang infra­struktur, siapkan dan benahi pula infrasturkturnya. Mari kita saling mengdukung, bukan saling mele­mahkan,” imbuhnya.

Pelaksanaan TdS 2015 yang akan dibuka besok di pantai Ca­rocok, siap untuk digulirkan. Sejak kemarin hinggi Jumat besok, se­luruh peserta sudah berdatangan ke ranah Sumatera Barat. Pembukaan TdS akan dilakukan oleh Plt Gu­bernur Sumatera Barat didampingi Dir­jen Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esty Reko Astuty dan akan ditutup langsung oleh Presiden Joko Widodo di­dampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (11/10) mendatang. (h/rel/met)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:50:30 WIB

    KDEI Ikut Meriahkan TdS

    KDEI Ikut Meriahkan TdS PADANG, HALUAN—Ko­munitas Desainer Etnik In­donesia (KDEI) ikut serta memeriahkan penutupan Tour de Singkarak 2016. Demikian dikatakan Ketua Umum KDEI Raizal Bo­eyoe­nq Rais pada Haluan saat bertemu Dinas Pariwisata Kot.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 16:35:16 WIB

    Minyak Tumpah di Jalan, Bikin Molor TdS Etape Enam

    Minyak Tumpah di Jalan, Bikin Molor TdS Etape Enam PADANG, HALUAN - Etape keenam Tour de Singkarak (TdS) yang dimulai dari Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman dan berakhir di Kota Sawahlunto menjadi sedikit molor dan membuat para pebalap bisa tergelincir..
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 08:43:17 WIB

    Amankan TdS, Berikut Rincian Jumlah Personel yang Diturunkan Polresta Padang

    Amankan TdS, Berikut Rincian Jumlah Personel yang Diturunkan Polresta Padang PADANG, HALUAN - Polresta Padang, mengamankan tiga etape Tour de Singkarak pada Rabu (10/8/2016), Kamis (11/8/2016) dan Minggu (14/8/2016), di mana jumlah personil tiap etape tersebut sebagai berikut:.
  • Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:36:04 WIB

    TdS Jadi Rujukan Infrastruktur Daerah

    TdS Jadi Rujukan Infrastruktur Daerah PADANG, HALUAN — Men­teri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Tour de Singkarak (TDS) adalah momen tepat untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Sumbar, selain itu juga menjadi rujukan bagi kepala daerah dalam m.
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:34:37 WIB
    PAGI INI DI PANTAI PADANG

    Festival Kuliner Meriahkan TdS 2016

    Festival Kuliner Meriahkan TdS 2016 PADANG, HALUAN—Ke­menterian Pariwisata RI be­kerja sama dengan Pemko Padang, menggelar festival kuliner, yang akan digelar Rabu (3/8) pagi ini di Jl. Samudera Pantai Padang. Kegiatan dalam rangka me­meriah­kan Tour de S.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]