BLK Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai


Kamis, 01 Oktober 2015 - 18:36:09 WIB

Ia mengatakan berbagai pelatihan yang diberikan BLK kepada para pencari kerja seperti pelatihan men­jahit, otomotif, tata boga, dan komputer.

Setelah menguasai ilmu dan keterampilan di BLK, para pencari kerja itu di­harapkan dapat bersaing di dunia kerja dan mampu men­­­ciptakan lapangan kerja sendiri sehingga mereka ti­dak menjadi pe­ngang­guran.

Selama pelatihan, me­reka dibiayai pemerintah melalui dana pelatihan yang di­ang­garkan pada Anggaran Pen­dapatan dan Belanja Dae­rah (APBD) Sumbar. “Saat ini ada sembilan BLK di Sumbar. Enam di kabu­paten dan kota, dua di pr­o­vin­si dan satu di pusat,” ujarnya.

Dalam memberikan pe­latihan, BLK menjalin kerja sama dengan Lembaga Pen­didikan Kerja Swasta (LP­KS). “Saat ini sudah ada 320 lembaga pendidikan swasta di Sumbar dan 85 sudah terakreditasi,” ujarnya.

Ia menyebutkan BLK Sumbar saat ini juga sedang menyiapkan diri agar bisa bersaing menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang ber­laku mulai akhir 2015.

Salah satu langkah pe­merintah, katanya, mem­berikan akreditasi bagi LP­KS di Sumbar. “Peluang tenaga kerja asing masuk ke Indonesia akan lebih besar dengan adanya MEA, de­ngan adanya tenaga kerja siap pakai dari BLK, dan LPKS yang terakreditasi, maka para pencari kerja dalam negeri akan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing,” ujarnya.

Kepala Kantor Per­wa­kilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat Puji Atmo­ko mengatakan tingkat par­tisipasi angkatan kerja di Sumbar mengalami penu­ru­nan pada 2015 diban­ding­kan dengan tahun lalu. “Ting­­kat partisipasi angk­a­tan kerja menurun dari 70,6 persen pada Februari 2014 menjadi 68,7 persen pada Februari 2015,” katanya. “Minimnya lapangan ker­ja mengurangi insentif masyarakat untuk masuk ke dalam angkatan kerja,” ujar­nya.  (h/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]