September, Padang Deflasi 0,49 Persen


Kamis, 01 Oktober 2015 - 18:37:08 WIB

Menurut Yamin, deflasi di Kota Padang terjadi ka­rena adanya penurunan har­ga pada dua kelompok pe­ngeluaran, sedangkan lima kelompok lainnya me­nga­lami inflasi.

“Kelompok bahan ma­kanan mengalami deflasi sebe­sar 2,38 persen dan ke­lompok transpor, ko­mu­nikasi dan jasa keuangan sebe­sar 0,63 persen, Se­men­tara untuk kelompok yang mengalami inflasi adalah kelompok makanan jadi, mi­numan, rokok dan tem­bakau sebesar 0,22 per­sen,  kelompok per­u­ma­han, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,19 pe­rsen,  kelompok san­dang sebesar 1,61 persen, ke­lompok kesehatan se­besar 0,45 persen dan ke­lom­pok pendidikan, re­kreasi dan olah raga sebesar 0,99 per­sen,” katanya.

Dia menambahkan, Da­ri 23 Kota Indeks Harga Konsumen (IHK)  di pu­lau Sumatera ada sekitar enam kota yang mengalami in­flasi dan 17 kota me­ngalami de­flasi, sedangkan Inflasi te­r­tinggi terjadi di Kota Tanjung Pandan se­besar 1,20 persen dan in­flasi terendah terjadi di Kota Bandar Lampung se­besar 0,02 persen.

Lebih lanjut ia me­nu­turkan, deflasi tertinggi ter­jadi di Kota Sibolga sebesar 1,85 persen dan terendah di Kota Meulaboh sebesar 0,02 persen, sedangkan Ko­ta Pa­dang menduduki po­sisi ke enam di Sumatera dan posisi ke delapan dari seluruh kota yang me­nga­lami deflasi se­cara nasional. (h/mg-adl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]