Temukan Pangkalan LPG 3 Kg Tak Berizin


Kamis, 01 Oktober 2015 - 18:38:47 WIB

Kabag Pere­ko­nomian pemko Paya­kumbuh, Julfiter, M­M, Ka­mis (1/10) me­nyebut, pihaknya me­mu­tuskan, terhadap pang­kalan yang tak memiliki izin menjadi tanggung jawab agen yang diper­caya untuk membina pe­ngusaha bersangku­tan.

“Pemko tak ingin, penjualan LPG yang dilakukan sejumlah pangkalan, tak memiliki izin sesuai peraturan berlaku. Pan­tauan TPM­E-UPE di lapangan, diperkirakan ada 58 pangkalan LPG yang ter­sebar pada lima kecamatan di kota ini. Namun, berdasarkan laporan tiga agen resmi LPG 3 Kg, hanya 21 yang terbina,”ujarnya.

Dari 21 pangkalan pun, masih ada yang belum memiliki izin Pertamina dan izin usaha dari pemko. Tiga agen  resmi yang ditunjuk Pertamina sebagai distr­ibutor LPG 3 Kg di Payakumbuh, masing-masing CV. HBN,  CV. Nabila dan PT.Warga.  Ke depan, terhadap agen yang menjalin hubungan kerja dengan pangkalan, harus membina pe­milik pang­kalan, dalam hal men­dapatkan izin dari Pertamina serta izin lainnya dari pemko, berupa SIUP, TDP, SITU dan Surat izin gang­guan/HO). “Kita akan pantau terus, jika tak ada perubahan, pertanggungjawaban ketiga agen akan diminta,” tegasnya.

Menyangkut harga LPG 3 Kg di Payakumbuh, dikatakan Jul­piter didampingi Kasubag Per­tamben Sadri, S.Sos, tak ada persoalan. LPG 3 Kg masih dijual oleh agen dan pangkalah, sesuai HET, Rp17.000. Kecuali di wa­rung-warung, yang ber­sang­kutan men­jualnya lebih dari Rp­17.000.

Program pemakaian LPG 3 Kg itu, di Paya­kum­buh, sudah dimulai sejak 2013, ditandai de­ngan pe­nyaluran tabung gas 3 Kg beserta kom­por gasnya ke­pa­da masyarakat. Total ta­bung dan kompor gas yang di­se­rah­kan berjumlah 23.863 pa­ket, dengan rincian Kecamatan Payakumbuh Barat 8.148 paket, Payakumbuh Utara 5.901, paket, Payakumbuh Timur 5.248 paket, Payakumbuh Selatan 2.255 paket dan Ke­ca­matan Latina 2.316 paket. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]