PLN Diminta Gencar Sosialisasi


Kamis, 01 Oktober 2015 - 18:59:11 WIB

“Tanpa ada pengumuman, dan aba-aba dari PLN lampu sudah mati saja. Ini sangat menggangu pekerjaan kita, ka­rena mati lampu itu mulai dari jam 5 sore sampai jam 9 malam,” ungkapnya, Rabu (30/9).

Yang menjadi persoalan ba­ginya adalah tidak hanya arus listrik yang mati, tapi ia dan keluarganya juga tidak bisa meng­gunakan senio untuk mengalirkan air, “Kami tidak pakai PDAM, tapi pakai mesin senio. Jadi, kalau listrik mati otomatis senio juga tidak bisa hidup. Bagaimana mau mandi, masak, dan yang lainnya,” jelasnya.

Ia meminta pada pihak PLN, agar menghimbau atau mengu­mumkan lebih luas lagi jika memang ada dilakukan pema­daman listrik secara bergilir. Karena menurutnya, yang terjadi saat ini tidak ada pengumuman khusus yang ia tahu diberikan oleh PLN tapi hanya mengetahui dari tetangga saja.

Hal yang sama juga dikatakan oleh salah seorang mahasiswa Doni (22 tahun) kawasan Air Tawar Barat (ATB), ia mengaku kecewa dengan service dari PLN karena kurangnya sosialisasi dan himbauan terkait pemadaman listrik secara bergiliran ini, “Saya tidak tahu ya, apakah pemadaman ini memang secara bergiliran atau hanya kebetulan saja.

“Kalaupun memang ada pe­ma­daman secara bergilir, kami ber­harap PLN memberikan pe­ngumuman karena seperti se­karang ini lagi masa-masa men­dekati ujian kompre, dan ujian sekolah tentunya anak-anak akan susah belajarnya,” ujarnya.

Begitu juga dengan yang di­sam­paikan oleh Mulyadi salah seorang warga Tabiang. Ia me­ngatakan di kawasannya memang tidak setiap hari pemadaman listrik namun jam-jam pema­daman listrik tersebut selalu tepat pada pukul 18.30 WIB hingga 21.30 malam. “Mati lampu me­mang tidak setiap hari, tapi jam-jamnya sama rata-rata matinya 3,5 jan,” ulasnya.

Informasi yang ia peroleh dari beberapa orang, pemadaman listrik ini karena kebutuhan akan listrik di Riau dan Jambi mele­bihi kuota sehingga pe­ma­kaian arus listrik di Sumbar dikurangi. Salah satunya dengan cara pe­madaman bergilir. “In­formasi yang saya dapat begitu, mungkin karena Riau dan Jmabi sedang kabut asap jadi lampu itu hidup 24 jam,” pungkasnya.

Soal sosialisasi, Humas PLN Wilayah Sumbar, Ridwan menga­ta­kan, pihaknya sudah me­la­kukan berbagai bentuk sosia­lisasi, salah satunya melalu me­dia. Ia menyebutkan, dalam sosia­lisasi itu disebut pemadaman beberapa hari belakangan, terjadi karena adanya defisit daya di beberapa unit pembangkit.

Ia memperkirakan, hal ini akan berlangsung sampai ma­salah tersebut bisa diatasi. Soal wilayah yang dipadamkan, kata Ridwan lagi, juga telah dirilis di media terbitan Padang dengan harapan bisa menyentuh ke se­luruh lapisan masyarakat

“Pemadaman di tiap-tiap lo­kasi tak akan berlangsung lebih dari tiga jam. Kalau pemadaman terjadi lebih dari tiga jam, bisa melapor ke kami atau PLN rayon masing-masing,” tegas Ridwan, Kamis (1/10). (h/mg-rin/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:58:49 WIB

    Segera Hidupkan Listrik PLN, Andre Selamatkan Nasib 200 Pedagang SPR Padang

    Segera Hidupkan Listrik PLN, Andre Selamatkan Nasib 200 Pedagang SPR Padang HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade sangat diharapkan kehadirannya di daerah pemilihannya. Hal ini terlihat dalam dialog Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu dengan perwakilan pedagang Sentra.
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 15:23:26 WIB

    DPRD Padang Apresiasi PLN yang Ringankan Beban Listrik Warga

    DPRD Padang Apresiasi PLN yang Ringankan Beban Listrik Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Kota Padang mengunjungi PT. PLN UP3 Padang,  untuk mengetahui kesiapan PLN dalam menghadapi masa pademi Kovid-19 di Kota Padang. .
  • Jumat, 20 Desember 2019 - 13:32:40 WIB

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menyiagakan personel jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Setidaknya, ribuan personel dipersiapkan untuk melayani masya.
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 18:23:41 WIB
    Meriahkan Hari Listrik Nasional ke-74

    Ratusan Pegawai PLN Sumbar Gowes Keliling Kota

    Ratusan Pegawai PLN Sumbar Gowes Keliling Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka memeriahkan Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada 27 Oktober 2019, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menggelar Funbike PLN Grup, Sabtu (26/10) pagi..
  • Jumat, 30 Agustus 2019 - 11:07:13 WIB

    PLN Sumbar Kembali Sumbang Kontainer Sampah ke Pemko Padang

    PLN Sumbar Kembali Sumbang Kontainer Sampah ke Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup di tingkat Kota Padang Tahun 2019, PT PLN UIW Sumbar turut serta berkontribusi dengan penyerahan CSR dalam bentuk kontainer sampah kepada Dinas Lingkung.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]