Mahasiswa Baru UNES Meningkat


Jumat, 02 Oktober 2015 - 19:04:23 WIB
Mahasiswa Baru UNES Meningkat

Selain itu, PKKMB di­meriahkan dengan atraksi PBB, beladiri dan aksi meng­hancurkan batu bata dengan kepala oleh resimen ma­hasiswa Universitas Eka­sakti Padang.

Baca Juga : Dilema Penjual Telur Gulung di Padang saat Pandemi Covid-19

“Tanggal 14 September senin kemarin sebenarnya sudah masuk kuliah dengan kuliah umum dan sekarang ini dilakukan PKKMB ber­sa­ma para civitas akademik Universitas Ekasakti. Di­antara tujuan pengenalan kehidupan yaitu menjalin silaturahim dengan seluruh civitas akademika dan me­ngenalkan mahasiswa baru tentang siadak dan prosedur di civitas akedemika Uni­versitas Ekasakti Padang,” ungkap Rektor Universitas Ekasakti Padang, Prof Dr Andi Mustari Pide.

Prof Dr Andi Mustari Pide mengatakan, bahwa kegiatan pengenalan kehi­dupan kampus ini menjadi komitmen bersama lem­baga untuk mengenalkan 2020 mahasiswa baru untuk me­ngenal lebih dekat kam­pus, pengenalan sistem pen­di­dikan tinggi, dan wawasan kebangsaan, baik ditingkat universitas maupun fa­kultas.

Baca Juga : Malamang, Tradisi Lebaran yang Tak Dimakan Waktu

“Pengenalan kehidupan ini sudah menjadi tradisi setiap tahun, dan ini rutin dilakukan kampus. Jadi, setiap awal tahun ajaran semester pasti ada pe­nge­nalan kehidupan kampus,” tegasnya.

Sejak gempa gempa 30 September 2009 lalu telah memporak-porandakan Ko­ta Padang dan sekitarnya tak terkecuali gedung Unive­r­sitas Ekasakti juga ikut han­cur.

“Akibatnya animo maha­siswa terus menurun, alham­dulillah sekarang bisa kem­bali seperti dahulunya Uni­versitas Ekasakti begitu diminati oleh mah­asis­wa,” tambahnya.

Universitas Ekasakti be­diri sejak tahun 1984 ini mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat untuk mengelolah program be­asiswa bidik misi yang ber­asal dari APBN hingga ma­hasiswanya menamatkan studinya. Atas kepercayaan inilah kemudian Unes-AAI Padang juga memberikan beasiswa bidik misi univer­sitas yang memberikan be­asiswa uang SPP antara 20% hingga 100 %.

Sejak tahun 2012 Uni­versitas Ekasakti menjalin kerjasama dengan Uni­versi­tas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universitas di Thai­land dan Turki. Juga menjalin kerjasama dengan lembaga negara seperti ko­misi Yudisial (KY), Bursa Efek Jakarta, perusahaan perkebunan dan pertanian. Kegiatan ini pada gilirannya diharapkan makin me­ning­katkan kualitas lulusan Unes-AAI Padang.

Di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat Unes-AAI Padang juga men­dapatkan banyak prog­ram hibah penelitian dosen dan program kreativitas sis­wa Mahasiswa. Dan juga penyelenggara KKN-PPM dan layanan bimbingan tek­nis bagi DPRD dan Pemda yang merupakan bagian pe­nyelenggaraan Tri Darma Unes-AAI Padang.

Selain itu, tenaga pe­ngajar pada umumnya S2, S3 dan Guru Besar. Para dosen dan mahasiswa berperan aktif dalam proses pem­belajaran, khusus Akademi Akuntansi Indonesia Pa­dang bagi mahasiswa se­mester V diwajibkan mela­kukan Praktek Kerja La­pangan (PKL) pada peru­sahaan-perusahaan, Bank Pemerintah dan Swasta serta instansi Pemerintah.

Kegiatan PKL tersebut akan memperkaya proses belajar mengajar, sehingga menjadikan lulusan Dip­loma III Akuntansi me­miliki pengetahuan yang berimbang antara teori dan aplikasi ilmu ditempat me­reka bekerja.(h/cw-ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]