Ombudsman: Kepala Daerah Tentukan Perbaikan Layanan


Jumat, 02 Oktober 2015 - 20:13:56 WIB

Hal itu ia sampaikan ketika menyambut Kasubag Kelembagaan Bagian Organisasi dan Aparatur Kota Pariaman, Sumbar,  Ernida Puspita yang merupakan utusan Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, untuk membicarakan hal-hal teknis terkait perbaikan pelayanan di kota itu.

Ia mengatakan pelayanan yang ideal jelas produk layanan yang akan diberikan kepada masyarakat, jelas persya­ratannya, jelas waktu pelayanan baik itu hitungan menit hitungan jam ataupun hari dalam menyelesaikan layanan.

“Jangan ada istilah mau cepat atau mau lambat, itu bukanlah pelayanan yang baik,” terangnya.

Selain harus terlaksananya pelayanan yang ideal juga harus tersedia tempat pengaduan sehingga masyarakat yang kurang puas dengan pelayanan bisa langsung memberikan masukan dan kritikan.

“Tata kelola pelayanan sudah baik tapi terkadang masih ada pada aparatur yang menyalahi tata kelola itu dan disinilah sarana pengaduan itu diperlukan,” kata dia. Dan dalam pengaduan itu katanya harus jelas nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email ataupun website dan waktu penyelesaian pengaduan, waktu paling lama adalah 30 hari.

“Pelayanan publik di Sumbar masih dikatakan belum ideal dan pihaknya masih menerima banyak pengaduan pelayanan,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Sumbar pada 2015 laporan pelayan pendidikan merupakan yang terbanyak yaitu 31 laporan, sedangkan kepegawaian 25 laporan, pertanahan 14 laporan, kepolisian 13 laporan, administrasi kependudukan 11 laporan, kesehatan enam laporan, listrik dan energi empat laporan.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi Peme­rintah Kota Pariaman yang telah mengirimkan utu­sannya ke Ombudsman Sumbar dan pihaknya berharap langkah ini diikuti Pemerintah Kabupaten dan Peme­rintah Kota di Sumbar.

“Ini langkah yang baik dan Kota Pariaman meru­pakan daerah pertama di Sumbar yang mengirimkan utusannya ke Ombudsman dalam rangka memperbaiki layanan didaerahnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ernida Puspita yang merupakan utusan dari Walikota Pariaman mengatakan bahwa ia bersama satu orang staffnya sengaja diutus oleh wali kota setempat untuk membicarakan hal-hal teknis terkait dengan pelayanan.

“Kami sengaja diutus oleh Bapak Walikota untuk menindaklanjuti hasil pertemuan beliau dengan Om­budsman Sumbar beberapa waktu lalu dan hasil dari kunjungan ini akan kami sampaikan ke wali kota,” ungkapnya.

Ia berharap dengan masukan yang diberikan oleh Ombudsman Sumbar Pemko Pariaman menjadi lebih baik dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya dan juga bisa menjadi contoh di daerah lain, khususnya di Kota Padang. (h/mg-adl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 16:39:53 WIB

    Ombudsman: Layanan Publik Membaik

    PADANG, HALUAN — Ombudsman Per­wakilan Sumbar menilai, Pemko Padang dinilai sudah memberikan perhatian khusus terhadap pelayanan publik. Hal itu terlihat dari adanya perubahan layanan, seperti kelengkapan sarana dan pening.
  • Selasa, 07 April 2015 - 19:29:09 WIB

    Ombudsman: Potensi Kecurangan UN Masih Besar

    PADANG, HALUAN — Om­bud­sman menilai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung mulai 14 April mendatang masih rawan kecu­rangan. Untuk itu Ombu­d­sman memastikan akan ikut me­man­tau .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]