Craft Center Padang Siap Hadapai MEA


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:14:11 WIB

Selain itu pemasaran melalui media dalam jaringan (daring) atau “online” juga diusahakan agar memperluas cakupan pasar dan konsumen.

Ia mengatakan belum ada strategi yang lebih khusus namun mereka telah siap untuk pemberlakuan MEA.

“Sejak 2011, usaha ini didirikan dan proses jual beli tidak dapat diprediksi karena dana yang digunakan berasal dari Dewan Kerajinan Nasional (dekranas),” kata dia.

Pengelolaan craft center dibina langsung oleh ibu gubernur yang menjabat di provinsi tersebut dan berkolaborasi dengan unit usaha kecil dan menengah (UKM) dengan upaya membangkitkan kehidupan pelaku bisnisnya.

“Kerajinan tangan serta baju, sulaman, tas hingga makanan daerah ini berasal dari UKM di daerah ini sehingga dapat dijadikan pusat pemasaran, dan dengan adanya MEA nanti tentu akan memberi keuntungan dan kemudahan pada keseluruhan pelaku usaha yang tergabung disini,” kata dia.

Salah seorang pelaku usaha yang tergabung dalam craft center, Ernawati (57) mengatakan dengan adanya MEA diharapkan dapat mempermudah usahanya untuk merambah dunia internasional.

“Saya biasa memasarkan produk ke Malaysia melalui pameran-pameran namun terkadang terkendala demgan besarnya cukai,” kata dia.

Ia mengatakan harusnya MEA dapat mempermudah usahanya lintas negara di ASEAN karena keuntungan yang diperoleh akan lebih besar.

“Kalau saya berjualan di Malaysia keuntungannya dapat mencapai 75 persen hingga dua kali lipat, jika ada MEA tentu akan lebih baik karena alan dipermudah pada biaya cukai,” kata dia. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]