1.726 Ekor Sapi Bakal Jalani Suntik Birahi


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:24:25 WIB

Kepala Dinas Pertanian, Nasrun melalui Kabid Peternakan, Mairita me­nye­butkan, program ini menindaklanjuti instruksi Kementerian Pertanian agar terjadi kelahiran sapi secara serentak. Nanti sapi-sapi yang sudah disurvei akan dilakukan penyuntikan birahi.

Gerakan penyerentakan (Gertak) Birahi di daerah itu mulai dilaksanakan tahun ini. Program itu bertujuan untuk meningkatkan birahi sapi betina secara serentak sehingga memudahkan proses perkawinan yang dilakukan dengan teknik inseminasi buatan (IB).

“Dengan program ini diharapkan mampu meningkatkan perkembang bia­kan sapi di Pasaman, sehingga populasi sapi semakin bertambah. Ini untuk me­wujud­kan swasembada daging,” tuturnya.

Ia menyebutkan, sebanyak 1.762 ekor sapi itu akan diperoleh dari hasil seleksi sapi yang telah melahirkan lebih dari satu kali. Sapi itu diseleksi dari ribuan ekor sapi yang selama ini diikutkan pada program IB.

“Sebanyak 1.762 ekor sapi ini meru­pakan pilihan yang kesuburannya ber­masalah, sehingga memerlukan perlakuan khusus,” ujarnya.

Mairita menambahkan, program itu masih dalam tahap sosialisasi di kalangan peternak. Bagi peternak yang sapinya ditunjuk untuk mengikuti program Gertak Birahi, pihaknya meminta agar setiap peternak yang ditunjuk mengikuti pro­gram itu dapat mulai memperbaiki makanan serta kesehatan sapi.

Gertak Birahi (Penyerentakan Birahi) dilakukan dengan tujuan untuk men­dapatkan sekelompok ternak dalam waktu yang bersamaan, sehingga memudahkan dalam proses perkawinan yang dilakukan dengan teknik inseminasi buatan (IB). “Tapi cuma satu yang perlu diperhatikan dalam program ini, adalah kondisi sapi betina,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 30 kelompok tani (Keltan) di daerah itu terdaftar sebagai penerima bantuan ternak sapi sejak 2011-2014, dengan tingkat populasi ternak sapi mencapai 520 ekor. Program itu men­cakup, Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP), integrasi ternak kakao dan in­te­grasi ternak tanaman.

Selanjutnya, UPPO Peternakan, satu petani satu sapi, pembibitan sapi potong, pengembangan kawasan sapi potong dan pengembangan integrasi ternak Ru­mi­nansia, serta peningkatan usaha pe­ternakan sapi. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]