Tujuh Resolusi Masyarakat Sumbar Masuk Tabung Kapsul Waktu


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:27:36 WIB

Di sisi lain, Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) 2085, akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Sumatera Barat. Salah satu objek wisa­ta yang akan dikunjungi diantaranya rumah Prok­lamator Mohammad Hatta di Bukittinggi.

Ketua Panitia Daerah (Panda) EKW 2085 Sum­bar Hendri Irawan, Minggu (4/10) di Musemum Adit­ya­warman, Padang menga­takan, Kapsul Waktu sengaja singgah di tempat-tempat objek wisata yang dilalui. Langkah ini sekaligus untuk mem­promosikan wisata Sum­­bar sebagai bagian dari perjalanan Kapsul Waktu 2085.

Sementara untuk ren­cana singgah di rumah Mo­hammad Hatta, antara lain untuk mengingat kembali perjuangan dan jasa-jasa Sang Proklamator terhadap bang­sa Indonesia. “Kenapa kita singgah, karena kita perlu mengingatkan kepada bang­sa ini, bahwa Bukittinggi itu pernah menjadi ibukota negara,” kata Hendri.

Dari Bukittinggi, kapsul waktu bergerak menuju ob­jek wisata Lembah Harau di Kabupaten 50 Kota. Ke­mudian singgah di Istano Pagaruyuang di Tanah Datar, Danau Singkarak, Kabu­paten Solok.

Kota Sawahlunto, salah satu tujuan destinasi yang disinggahi sebelum perj­ala­nan berakhir di Kabupaten Dharmasraya untuk di­se­rahkan kepada Tim Panda Kapsul Waktu 2085 Jambi di depan Kantor Bupati Muaro Bungo.

“Sumbar memiliki bu­daya yang sangat luar biasa dan tertua di dunia. Dan ini yang coba kita angkat kem­bali melalui EKW 20­85,” ujar Hendri.

Ekspedisi Kapsul Wak­tu sendiri akan berakhir pada tanggal 22 Desember 2015. Seiring berakhinya, tabung kapsul waktu yang berisi 34 resolusi setiap provinsi ber­sama resolusi Presiden, akan ditanam di Merauke. Mo­numen itu nanti baru dibuka tahun 2085. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]