Penghargaan WTN Bersemayam, Macet Tetap Bertahan


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:28:40 WIB

Namun kenyataannya, di jantung kota sendiri, ke­sem­rawutan lalu lintas masih sangat parah. Kondisi ter­sebut sangat disayangkan oleh Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra.

Wahyu menilai, Dinas Per­hubungan belum ber­hasil melakukan penga­wa­san terhadap pemanfaatan pangkalan angkutan kota (angkot) yang berada di samping kantor balaikota lama. Akibat banyaknya angkot yang tidak mau ma­suk ke ter­mi­nal, me­nye­babkan kema­cetan yang cukup parah di depan kantor balaikota lama tersebut.

“Pengemudi angkot le­bih suka ngetem mencari pe­num­pang di luar sehingga terjadi penumpukan yang me­­nye­babkan macet,” katanya.

Menurut Wahyu, untuk mengurai kemacetan itu, seharusnya petugas Dishub harus ada yang standby di lokasi itu untuk mengatur lalu lintas sekaligus me­ngurai kemacetan tersebut. “Dishub seharusnya arif menyikapi persoalan ini,” ujarnya, Jumat (2/10).

Selain memaksimalkan pemanfaatakan terminal, Dishub juga diminta untuk menertibkan lahan parkir yang ada di depan balaikota lama itu. Sebab, selain ang­kot yang ngetem, lokasi par­kir itu yang menjadi salah satu sumber kemacetan.

“Kita bisa lihat sendiri, kendaraan roda empat mau­pun roda dua parkirannya sampai berlapis-lapis se­hingga menyisakan hanya satu jalur jalan saja. Ini juga menjadi sumber kemacetan dan kesemrawutan yang se­lama ini menjadi per­ma­salahan,” ungkapnya.

Sementara, Yossyafra pe­ngamat transportasi dari Uni­versitas Andalas (Unand) me­nga­takan, untuk bisa men­capai transportasi aman dan nyaman bagi masyarakat, diperlukan kerja sama semua pihak. Apakah Dis­hub­ko­minfo, Organda dan sopir angkutan kota sendiri.

Dia menilai, peng­har­gaan itu sudah sesuai kriteria yang ditetapkan tim penilai. Artinya, transportasi di Pa­dang memiliki progres ke depan.

“Tapi, harus diakui Pa­dang belum mampu men­ciptakan transportasi sesuai ekspektasi publik. Harapan kita, tentu saja dengan di­perolehnya peng­hargaan WTN ini, seluruh stake­holder terkait guna beru­paya memenuhi ekspektasi warga Padang yang me­nga­rapkan transportasi aman, nyaman, dan bersih,” ungkapnya. (h/pmc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]