Mendagri: Jangan Sunat Dana Desa


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:32:49 WIB

Ia mengatakan, jika pe­nyaluran dana desa tersebut bisa dipercepat dan tanpa proses birokrasi yang terlalu rumit, tetapi tetap sesuai aturan dan ketentuan, akan mempercepat proses pem­bangunan untuk kesejah­teraan masyarakat.

“Kalau tidak ada biro­krasi yang rumit maka pem­bangunan di desa dan kelu­rahan akan berjalan cepat sesuai dengan Nawa Cita yang diprogramkan oleh bapak Presiden,” kata Tjah­jo Kumolo.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah saat ini ingin bangun tata kelola pemerintahan yang terpadu dan terkoordinasi serta upa­ya percepatan reformasi birokrasi. Tjahjo meminta pemerintah daerah menjaga integritas dan membangun sinergi dari tingkat pe­me­rintahan dari provinsi hing­ga desa dan kelurahan.

“Bangun sinergitas dan koordinasi, masukan dan saran harus diper­tim­bang­kan dalam mengambil ke­bijakan politik oleh ke­pala daerah,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Mendagri juga me­ne­kankan agar pemerintah daerah melakukan koor­dinasi dengan TNI dan Polri yang memahami teritorial, untuk mengantisipasi serta memetakan daerah rawan konflik dan juga termasuk rawan bencana.

Selain itu, Mendagri me­minta kepala daerah berhati-hati terhadap penyaluran dana hibah dan bantuan sosial termasuk penggunaan pajak yang harus dikem­balikan kepada rakyat.

“Penyaluran dana hibah dana bantuan sosial, jangan dipotong, jangan dikurangi dan jangan diberikan kepada kelompok-kelompok ter­tentu saja,” katanya. “Me­nyangkut peman­faatan pajak dan retribusi adalah hak masyarakat yang harus di­kem­balikan kepada rakyat,” tambah Tjahjo. (h/kcm)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 September 2015 - 20:20:42 WIB

    Mendagri: Percepat Penyerapan Anggaran

    JAKARTA, HALUAN — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan seluruh pemerintah daerah untuk mempercepat penyerapan anggaran mengingat sudah memasuki akhir tahun 2015.

    “Kepada seluruh pejabat dan staf Kem.

  • Kamis, 25 Juni 2015 - 18:56:46 WIB

    Mendagri: Masih Ada Permasalahan Anggaran di Bawaslu

    JAKARTA, HALUAN — Menteri  Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo me­negaskan anggaran untuk pelak­sanaan pemilihan kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah selesai. Sebab, seluruh dana hibah untuk pen.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]