12 Penambang Emas Ilegal Ditangkap


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:37:30 WIB

“Saat itu juga beberapa orang anggota langsung me­la­kukan penyelidikan ke TKP. Ternyata benar, dan anggota langsung menang­kap tersangka buruh dom­peng dan barang bukti,” ungkap Kasat Reskrim AKP Lazuardi.

Lazuardi mengatakan, setelah ditangkap semua pelaku digiring ke Mapolres Dharmasraya, beserta ba­rang bukti yang ditemukan.

Para pelaku buruh dom­peng yang ditangkap ber­inisial, OKS (29) warga Sunda, ED (41), warga Sunda, AS (32) warga Sunda, AIW (32) warga Sunda, MF (29),  warga Sunda, UA (22) warga Sunda, AS (32), warga Sunda, KH(26) warga Sunda, AT (31) warga Sunda, SM (23) warga Sunda, dan AB (23) warga Jambi, serta MSF (32) warga Jorong Aur Jaya 1, Kena­garian Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Dharmasraya.

Dari tangan para pelaku petu­gas berhasil menemukan sejum­lah barang bukti seperti mesin dompeng dan sejumlah alat pe­nam­bangan lainnya.

“Saat ini para pelaku telah diamankan di sel tahanan Ma­polres Dharmasraya untuk me­n­jalani pemeriksaan lebih lan­jut,”Kata Lazuardi.

Ia juga mengatakan, buruh dompeng didominasi oleh pen­datang asal luar daerah Dhar­masraya, dibandingkan penduduk lokal atau asli Dharmasraya dalam melakukan pencarian emas dengan menggunakan me­sin dompeng yang akan meng­akibatkan atau merusak eko­sistem daerah itu sendiri.

Sementara itu, Lazuardi juga mengatakan, pihaknya tidak akan tebang pilih dalam usaha untuk memberantas kegiatan Penam­bangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah hukumnya.

“Kami tidak akan tebang pilih dalam penegakkan hukum, sete­lah menangkap panadah dan pembeli emas hasil usaha ilegal saat ini pihak pelaku PETI di proses,” tegasnya. Pelaku dijerat pasal 158 UU NO 4 tahun 2009, tentang penam­bangan mineral dan batu ba­ra dengan ancaman hukuman pida­na 10 tahun penjara. (h/mg-bdr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]