Tanpa Rakyat TNI Lemah


Ahad, 04 Oktober 2015 - 19:48:21 WIB

Demikian kesimpulan wa­wan­cara Haluan dengan Koman­dan Lanud Padang Letkol Pnb Mohammad Apon, Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Dindin Kurnadi dan Ko­man­dan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro. Ketiga­nya ditemui secara ter­pisah, Minggu (4/10) kemarin.

Danlanud Padang yang dit­e­mui Haluan di kediamannya di Padang menuturkan, sesuai de­ngan tema yang diangkat pada HUT ke-70 tersebut menjadi isyarat bahwa TNI tanpa rakyat bisa dikatakan tidak ada apa-apanya. Peran rakyat untuk terus membangun NKRI sangat dibu­tuhkan TNI.

”Di usia yang tidak lagi muda ini, telah banyak pencapaian yang kita lakukan terutama untuk merangkul rakyat. Agar rakyat mau bersama untuk saling ber­sinergi dalam menjaga keamanan dan memajukan NKRI,” terang Apon.

Dilanjutkannya, langkah nya­ta untuk merangkul rakyat itu, diwujudkan dengan terus melaku­kan kegiatan yang melibatkan masyarakat. Sehingga melalui media ini, akan dapat menjalin emosi antara TNI dan masya­rakat.

“Dalam waktu dekat ini kita tengah merencanakan untuk mem­bangun bukit tsunami. Kita sudah sediakan lahan seluas 2 hektare untuk bukit tsunami tersebut. Dengan pembangunan bukit tsunami itu diharapkan akan mampu menampung 20.000 warga,” terangnya.

Dengan pembangunan bukit tsunami ini kata Apon, meru­pakan perwujudan TNI itu dekat dan peduli dengan masyarakat. Terutama dalam mitigasi ben­cana, yang disesuaikan dengan kondisi Sumbar yang rawan gem­pa dan tsunami.

“Kita berharap tentunya ke depan selain menjaga stabilitas keamanan di Sumbar dalam HUT ke-70 ini, TNI mendapat perha­tian khusus dari pusat da­lam hal kebutuhan anggaran. Karena de­ngan anggaran yang ada saat ini belum mampu meng­akomodir kebutuan kita,” terangnya.

Ditemui terpisah di rua­ngan­nya di kantor Lantamal II Padang, Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Dindin Kurnadi menuturkan, peran mas­yarakat sangat dibutuhkan TNI, terutama bagi angkatan laut. Sehingga antara TNI dan rakyat dibutuhkan penyatuan emosi untuk menuju visi yang sama yaitu menjaga kesatuan NKRI.

“Kita dari lantamal merang­kul rakyat melalui kegiatan mena­nam terumbu karang, penanaman mangrove dan kegiatan yang bernuansa keakraban dengan masyarakat. Karena bagaimana pun rakyat adalah mitra TNI AL,” terangnya.

Mitra di sini kata Dindin, banyak informasi yang ada di lapangan tidak sepenuhnya dida­pat aparat TNI. Di sini lah pen­tingnya peran masyarakat. “De­ngan per­airan yang luas ini, tentu akan banyak orang dari Negara lain yang ingin coba-coba untuk masuk dan mengambil kekayaan alam kita. Ketika masyarakat tahu akan hal ini tentu akan langsung di meng­informasikannya,” pung­kasnya.

Dindin berharap, di usia yang tak lagi muda ini TNI akan sema­kin solid untuk menjaga kedau­latan NKRI. Selain itu TNI juga diminta untuk tetap menjalin kedekatan emosional dan me­rangkul rakyat untuk sama-sama maju membangun Indonesia.

Seirama dengan Danlantamal II, Komandan Korem 032 Wira­braja Brigjen TNI Widagdo Hen­dro mengatakan, dalam masa perjua­ngan dahulu peran rakyat sangat besar untuk kemerdekaan RI. Ber­sama rakyat bahu-mem­bahu untuk menaklukkan pen­jajahan.

“Itulah gambaran pentingnya masyarakat bagi TNI untuk sama-sama berjuang merebut kemer­dekaan. Karena tanpa rakyat TNI itu lemah,” imbuhnya.

Dengan bertambahnya usia TNI saat ini kata Widagdo, de­ngan bersinergi dengan seluruh elemen rakyat untuk sama-sama membendung masuknya penga­ruh asing yang dapat meluntur­kan moralitas bangsa. “Kita sa­ma-sama tahu, saat ini kita dijajah dengan berbagai produk dan kemajuan zaman yang dapat merusak moralitas bangsa. Disini lah dibutuhkan keikut sertaan rakyat,” terangnya.

TNI Siap menjaga Netralitas

Seiring dengan pegelaran pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 De­sember 2015 TNI sepakat untuk menjaga dan mendukung pelak­sanaan Pilkada serentak. Terp­enting TNI siap menjaga netra­litas dalam Pilkada mendatang.

“Kita sudah siapkan pasukan untuk mengamankan Pilkada serentak pada 9 Desember men­datang. Kita menempatkan pasu­kan di daerah-daerah yang ber­potensi konflik dalam mem­dukung pihak Kapolda,” ujar Danrem. Ditegaskannya, pada Pilkada mendatang TNI akan siap untuk menjaga netralitas. “Kita sudah tegaskan dari awal-awal bahwa kita akan menjaga netralitas,” imbuhnya.

Sama dengan Danrem, Dan­lan­tamal juga menegaskan netra­litas anggotanya pada Pilkada men­datang. “Kita siap mendu­kung untuk pengamanan Pilkada pada Desember mendatang ketika dibu­tuhkan. Kita akan sukseskan Pilka­da serentak mendatang,” tandasnya.

Ditambahkan Danlanud, seba­gai anggota ia dan pasukannya akan siap untuk menjaga netra­litas dalam Pilkada mendatang. Tapi, satu sisi kata Danlanud yang juga punya anggota keluarga yang termasuk pemilih, akan men­dorong keluarganya untuk menya­lurkan hak pilihnya.

“Kita telah berkomitmen de­ngan seluruh elemen untuk men­sukseskan Pilkada mendatang. Kita juga telah menyiapkan pasu­kan untuk mengamankan Pilka­da mendatang ketika dibutuh­kan,” tutupnya. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 12:22:49 WIB

    Butuh Hand Sanitizer Tanpa Bahan Berbahaya? di Sini Tempatnya

    Butuh Hand Sanitizer Tanpa Bahan Berbahaya? di Sini Tempatnya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Berkembangnya virus corona atau Covid-19 saat ini, membuat hand sanitizer hingga masker diburu masyarakat. Akibatnya stok barang tersebut langka di pasaran. Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan.
  • Jumat, 03 April 2020 - 20:04:24 WIB

    Keren! Cegah Corona, Staf PNP Ciptakan Alat Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Kran Air

    Keren! Cegah Corona, Staf PNP Ciptakan Alat Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Kran Air PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Banyak cara dilakukan masyarakat saat sekarang ini demi terhindar dari infeksi virus corona. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Namun, di tengah-tengah a.
  • Kamis, 28 Desember 2017 - 08:59:09 WIB

    7 Fraksi Tolak Perda Kawasan Tanpa Rokok di Padang

    7 Fraksi Tolak Perda Kawasan Tanpa Rokok di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM---- Sidang Paripurna DPRD Kota Padang Revisi Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR),  tidak mencapai keputusan..
  • Kamis, 23 November 2017 - 09:23:52 WIB

    Revisi Perda Kawasan Tanpa Rokok Akan Disahkan

    Revisi Perda Kawasan Tanpa Rokok Akan Disahkan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Panitia Khusus (Pansus) Revisi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) DPRD Padang berencana segera memaripurnakan revisi Perda KTR dalam waktu dekat. Pembahasan dan pengesahan revisi perda itu akan diseles.
  • Sabtu, 10 Juni 2017 - 15:04:04 WIB

    Miris! Masih Ada Rumah Warga Padang Tanpa Listrik

    PADANG, HALUAN - Tanpa listrik, tanpa sanitasi, sempit dan dijubeli pula oleh tumpukan barang rongsokan. Begitulah kondisi rumah Ali Munar (50), warga Kampung Tanjung, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara yang di.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]