Pasar Modal Penting Bagi Perekonomian


Senin, 05 Oktober 2015 - 18:58:15 WIB
Pasar Modal Penting Bagi Perekonomian

Dalam workshop ter­sebut dihadiri oleh Perwa­kilan OJK Sumbar M.Tau­fik, Kepala Departement Pengawasan Pasar Modal II B OJK Yunita Linda Sari, Kepala Ekskutif Pe­ngawa­san Pasar Modal OJK Nur­haida dan se­jumlah warta­wan per­wa­kilan masing-masing me­dia di Indonesia.

Dalam materinya M.­Taufik mengatakan bahwa, pasar modal Indonesia me­miliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh dalam jangka panjang jika dilihat dari penetrasi pasar terhadap perekonomian do­mestik. Meski demikian, diperlukan sosialisasi secara berkelanjutan yang meli­batkan berbagai pihak agar literasi pasar modal kepada masyarakat dapat terus ber­kembang.

“Sebab sampai saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menilai bah­wa investasi pasar modal merupakan sesuatu hal yang njelimet, rumit dan mahal. Padahal investasi di pasar modal itu mudah, sederhana dan tidak mahal,” ujarnya.

Dalam Workshop terse­but, OJK menyampaikan materi mengenai Global Mas­ter Repurchase Agree­ment (GMRA) dan Pe­ngem­­­ba­ngan Infrastruktur Pasar Surat Utang. Sedang­kan BEI menyampaikan to­pik Prog­ram Pengembangan Pa­sar Modal Syariah yang disam­­paikan oleh Direktur Pe­­ngem­bangan BEI Nicky H­o­gan.

Workshop Wartawan Pa­sar Modal 2015 tersebut salah satu kegiatan yang merupakan rangkaian acara peringatan 38 tahun diak­tifkannya kembali pasar modal Indonesia yang dilaksanakan di Padang pa­da (5-6/10). Kegiatan lain­nya adalah bussines gathe­ring, forum calon investor, roadshow campus to campus dan peresmian Galeri In­vestasi BEI Universitas Put­ra Indonesia (UPI) YPTK Padang sebagai galeri in­vestasi BEI ke 141 di se­luruh Indonesia atau yang ke 25 diresmikan di tahun ini.

Kota Padang sendiri dipi­lih sebagai penyelenggara rangkaian HUT Pasar Mo­dal ke 38 karena selain me­miliki potensi peningkatan jumlah investor yang cukup prospektif juga terdapat beberapa perusahaan yang dapat menjadi calon emiten di BEI di masa depan. Sam­pai dengan saat ini memang belum ada emiten saham asal Padang ataupun Sumbar yang telah mencatatkan sa­hamnya di BEI, namun ada PT Bank Pembangunan Da­e­rah Sumbar (Bank Nagari) yang telah menerbitkan ob­ligasi yang dicatatkan di BEI (emiten obligasi).

Diharapkan dengan se­makin seringnya informasi mengenai pasar modal di­pub­ikasikan, dapat me­ning­katkan minat perusahaan-perusahaan setempat mau­pun di seluruh Indonesia untuk menjadi perusahaan tercatat di BEI.

Sehingga perusahaan di Indonesia dapat segera men­dapatkan beberapa manfaat dengan menjadi emiten di pasar modal seperti mem­peroleh pendanaan di luar pinjaman perbankan, serta pening­katan tata kelola pe­rusahaan yang akan ber­dampak positif terhadap kinerja perusahaan di masa depan. (h/mg-win)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]