Lengayang Pemilik Pemilih Terbesar di Pessel


Senin, 05 Oktober 2015 - 18:59:06 WIB

Pad pilpres, jumlah DPT Pessel tercatat sebanyak 322.064 jiwa. Namun pada pilkada yang akan dilang­sungkan 9 Desember 2015 mendatang, menurun men­jadi 310.101 pemilih. Jum­lah itu terdiri dari 152.086 pemilih laki-laki dan 158.015 pemilih perem­puan.

Ketua Komisi Pe­mili­han Umum (KPU) Pessel, Epaldi Bahar Senin (5/10) me­nga­takan jumlah DPT yang su­dah ditetapkan se­banyak 301.101 itu, juga menurun dari Daftar Pe­milih Se­men­tara (DPS) yang sebelumnya sebanyak 311.663 jiwa. Pe­ngu­rangan atau penurunan jumlah pe­milih itu, di­pe­ngaruhi oleh sejumlah faktor, diantaranya pemilih ganda, meninggal dunia, hingga pindah domisili.

Menurutnya, usai pleno, DPT ini akan diumumkan ke masyarakat hingga ke ting­kat nagari dan kampung, me­­lalui papan pengumuman atau melalui pemasangan di lo­kasi-lokasi strategis lain­nya.

Terkait warga memiliki hak pilih tetapi belum ter­daftar di DPT, Epaldi me­minta agar secepatnya mela­por ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat.

“Siapa yang belum ma­suk dapat ditampung di daf­tar pemilih tambahan. Jadi, siapapun yang memiliki hak memilih tetapi belum ma­suk ke DPT, silakan segera menghubungi PPS ter­de­kat,” katanya.

Ditambahkanya bahwa penyaluran hak suara oleh wajib pilih di daerah itu tersebar di 1.182 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 182 nagari yang ada.

“Sedangkan berdasarkan ha­sil verifikasi DPS, dari 15 ke­ca­matan yang ada di Pes­sel, jumlah pemilih ter­ba­nyak berada di Keca­matan Le­ngayang, yakni sebanyak 39.428 pemilih,” terang­nya.

Sementara itu, Ketua  Panwaslu Pessel Windra ikhsan, mengatakan jumlah pemilih dari DPS menga­lami pengurangan setelah DPT ditetapkan. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]