Pemkab Solsel Siapkan 41 Orang Translator


Senin, 05 Oktober 2015 - 19:01:37 WIB

Selain itu, Pemkab Solsel juga mempersiapkan translator atau pemandu untuk empat bahasa guna membantu para pembalap TdS saat di lokasi finish yang terdiri dari unsur pendidik dan pelajar yang ada di Solsel.

Koordinator pemandu A Rah­man mengatakan, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan 41 orang yang pandai berbahasa Indonesia, Jepang Inggris dan Arab untuk membantu para pembalap saat di lokasi finish.

“Mereka (pemandu) tersebut terdiri dari siswa maupun maha­siswa yang bisa berbahasa asing guna membantu keperluan pembalap saat dilokasi finish,” tandasnya.

Dilanjutkan, pemandu meru­pakan warga asli Solsel yang bisa berbahasa asing. “Selain sebagai ajang dan kesempatan untuk ber­bicara dengan atlit mancanegara juga sebagai memfasihkan bahasa asing yang mereka kuasai,” tutur A Rahman.

Ayu (23), seorang pemandu berstatus sebagai asisten dosen bahasa inggris Universitas Negeri Padang (UNP), mengatakan dalam agenda tersebut juga berbagi ilmu dan pengalaman dengan pemandu tingkat pelajar yang dilibatkan Pem­kab Solsel.

“Mereka yang dari tingkat pelajar di Solsel komu­nikasi bahasa asing­nya su­dah cukup bagus, dan diyakini mam­pu untuk memandu para atlit inter­nasional saat di lapangan,” ujar Ayu.

Sementara, untuk mem­perkenal­kan produk khas Solsel juga ditam­pilkan produk industri rumahan yang ada di Solsel seperti, kerajinan tangan menggunakan limbah yang disulap menjadi souvenir Rumah Gadang.

Ketua Komisi III DPRD Solsel, Solikhin menga­takan bahwa momen tersebut merupakan kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan produk-produk asli Solsel. Karena selain para pebalap dan official, ada tamu-tamu baik dari provinsi mau­pun pusat yang hadir dalam iven bergengsi TdS.

“Kesempatan besar tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin guna memperkenalkan daerah kita, jika diundang khusus tamu-tamu tersebut tentu akan memakan biaya yang besar,” tutup Solikhin. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]